Tembus Arab Saudi, Mendag Zulkifli Hasan Lepas Ekspor Perdana 22 Produk Makanan Olahan UMKM

Tembus Arab Saudi, Mendag Zulkifli Hasan Lepas Ekspor Perdana 22 Produk Makanan Olahan UMKM

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan terus memperkuat dan mengembangkan ekspor UMKM--

“Produk makanan olahan merupakan komoditas primadona ekspor Indonesia, tak terkecuali Arab Saudi. Nilai ekspor Indonesia untuk produk makanan olahan ke Arab Saudi tahun 2022 mengalami pertumbuhan positif lebih dari 40 persen dengan produk utama ekspor antara lain olahan ikan, saus dan olahannya, aneka biskuit, kecap, dan olahan pasta,” jelas Didi.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana mengungkapkan, PT Pos Indonesia akan selalu membantu memberikan pelayanan bagi para pelaku UKM salah satunya dengan membuka akses pasar yang baru.

“Layanan Pos Indonesia bisa diakses di seluruh Indonesia. Kami juga berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan sehingga Pos Indonesia memiliki armada di jalur darat, laut, dan udara.

Hal ini penting bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan jaringan luas yang kami miliki.

Kami berharap dengan semakin baik dan efisiennya logistik Indonesia akan membantu para pelaku UMKM dalam membuka akses baru, baik di domestik maupun internasional,” jelas Siti.

Pembina BIG Indonesia Wisnu Wiraatmadja Effendi menambahkan, BIG Indonesia secara konsisten melakukan pendampingan dan pengembangan inovasi untuk percepatan halal juga kemajuan UKM Indonesia dengan semangat yang diusung yaitu go digital, go ritel, dan go ekspor.

“Untuk mendukung program percepatan ekspor yang dicanangkan Kemendag, BIG Indonesia bersama PT Pos Indonesia dan PT Pos Logistik juga akan memberikan fasilitas gratis kepada UKM produk halal berupa area gudang dan pendampingan melalui program berkelanjutan ‘Joint Marketing House’ (Rumah Pemasaran Bersama UKM Halal Indonesia).

Fasilitas ini diharapkan dapat digunakan pelaku usaha UKM halal untuk menyimpan barang sebelum proses pengiriman sekaligus mendapatkan pendampingan standardisasi produk dan perbantuan akses pemasaran ritel dan ekspor,” tutur Wisnu.

Total perdagangan Indonesia dan Arab Saudi pada 2022 mencapai USD 7,51 miliar.

Tren perdagangan kedua negara terus menunjukkan peningkatan dengan ekspor nonmigas Indonesia senilai USD 2,01 miliar dan impor senilai USD 11,3 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: