Perbandingan Biaya Kendaraan Bensin Dengan Listrik, PLN: Efisiennya Hingga 75 Persen

Perbandingan Biaya Kendaraan Bensin Dengan Listrik, PLN: Efisiennya Hingga 75 Persen

efisiensi penggunaan kendaraan listrik mencapai 75 persen dibandingkan menggunakan mobil bensin dan ini sangatlah signifikan.-reza-

JAKARTA, DISWAY.ID –  Selain penurunan emisi gas buang menuju kendaraan ramah lingkungan, kendaraan listrik juga diklaim oleh pihak PLN memiliki efisiensi yang jauh dibandingkan kendaraan konvensional atau internal combustion engine (ICE).

Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PT PLN menjelaskan dalam mendukung penggunaan kendaraan listrik tersebut pihaknya juga tengah mengembangkan energi baru dan terbarukan  (EBT).

Menurut Darmawan dengan penggunaan EBT, tak hanya meningkatkan efisiensi namun juga akan sangat membantu menurunkan emisi gas buang dalam memproduksi daya listrik.

BACA JUGA:Bukan Agnes Gracia, Wanita 'Pembisik' Diduga Picu Mario Dandy Aniaya Diperiksa: Kapasitasnya Saksi

BACA JUGA:Hastag 'SriMulyaniOMDO' Trending di Twitter, Mendadak Banyak yang Jual Harley Hari Ini: 'Hey Ini Kolega Kalian Bukan?'

Darmawan mengungkapkan bahwa efisiensi penggunaan kendaraan listrik mencapai 75 persen dibandingkan menggunakan mobil bensin dan ini sangatlah signifikan.

“Selain ramah lingkungan, keunggulan kendaraan listrik adalah lebih hemat. Sebagai gambaran, mobil dengan BBM dengan jarak tempuh 10 kilometer (km) menghabiskan 1 liter BBM, sedangkan mobil listrik dengan jarak sama menghabiskan 1,2 kWh,” terang Darmawan.

Dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp1.699,53 per kWh, hanya diperlukan sekitar Rp 2.500 untuk mobil listrik.

Sedangkan dengan menggunakan mobil bensin diperlukan sekitar Rp 14 ribu dalam menempuh jarak 10 km. 

BACA JUGA:Hakim Ungkap yang Memberatkan dan Meringankan Hukuman Hendra Kurniawan

BACA JUGA:David Sempat 'Menghilang', Tiba-tiba Ditemukan Ada di Makam Gus Dur, Mantan Ibu Negara Buat Janji Ini

Dengan begitu menggunakan mobil listrik lebih hemat sekitar 75 persen dari pada menggunakan mobil bensin.

Selain itu Darmawan juga menyebutkan bahwa dengan menggunakan kendaraan listrik, masyarakat sudah turut berkontribusi untuk mengurangi emisi 56 persen.

“Sebagai gambaran, 1 liter bahan bakar minyak (BBM) setara dengan 1.2 kilowatt hour (kWh) listrik. Emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2.4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1.2 kWh listrik emisinya setara 1.02 kg CO2e,” terang Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: