Tiga Bulan Pimpin Jakarta, Apa Hasil Kerja PJ Gubernur Heru Budi Hartono?

Tiga Bulan Pimpin Jakarta, Apa Hasil Kerja PJ Gubernur Heru Budi Hartono?

PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) menanam pohon-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memamerkan hasil program kerjanya selama tiga bulan ia memimpin ibukota. 

Ia mengaku dirinya berhasil membangun 235 taman selama tiga bulan memimpin Ibu Kota. Bahkan, kata dia, pembangunan tersebut dilakukan tanpa biaya atau anggaran.

"Selama tiga bulan saya memimpin DKI Jakarta, sudah menambah taman sebanyak 235 lokasi. Tanpa biaya, kerja sama bareng, bareng pemerintah, bareng lurah, bareng camat, 235 (taman)," katanya di acara Focus Group Discussion IKA ITS di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Maret 2023.

BACA JUGA:Aneka Masakan Daging Sapi, Cobain 7 Resep Anti Gagal Ini!

Ia menyebut kegiatan pembuatan taman ini dikerjakan tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Ia pun membagikan tips pembangunan taman yang sangat simpel, yaitu dengan mengubah lokasi yang sebelumnya jelek menjadi bagus.

"Syaratnya simpel saya bilang, dari yang lokasi jelek menjadi bagus. Kriterianya apa? Terserah Pak Lurah, terserah Pak Camat. Bagaimana anggarannya? Kan ada Dinas Raman, ada Dinas Bina Marga. Kolaborasi," kata dia.

BACA JUGA:GP Ansor Desak Polisi Buka Identitas APA di Kasus Mario Dandy: Buka Dong, Mana Orang Ini!

Eks Walikota Jakarta Utara itu pun merasa bangga bisa menanam di lahan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Awal saya menanam pohon di, simpel saja, di pinggir Becak Kayu. Kenapa saya nanam di situ? Ingin sama dengan tadi, aksi dan kolaborasi. Strukturnya adalah punya Kementerian PU, lahannya punya Kementerian PU, sungainya adalah punya Balai Cisadane. Ada lahan selebar 40 meter panjangnya 5 km itu punya PU," ujarnya.

"Jadi simpel saya tanya ini kenapa bertahun-tahun tidak bisa dibangun? Jawabannya, 'Pak bukan tanah Pemda DKI'. Aturannya mana?. Tidak sampai di situ, PU tidak mengizinkan. Saya bilang kenapa tidak diizinkan, kalau pemulung tidur situ diizinin. Saya kan hanya bilang boleh atau tidak, ya boleh, ya sudah saya tanam pohon," tambah Heru.

BACA JUGA:Mobil Ambulans Bawa Jenazah Kecelakaan, Tabrak Rumah Warga di Jambi

Ia pun menargetkan akan melakukan penghijauan akan membangun dua taman di satu wilayah. Artinya, Jakarta akan memiliki 10 taman pada tiga bulan mendatang.

"Tiga bulan ke depan saya akan menambah taman lagi, yaitu dua taman di tiap wilayah (kota administratif). Dua dikali lima (kota), berarti ada 10 taman akan bertambah," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: