PSSI Dapat Suntikan Dana Rp 86,5 Miliar dari FIFA, Erick Thohir : Untuk Pengembangan Sepak Bola Nasional

PSSI Dapat Suntikan Dana Rp 86,5 Miliar dari FIFA, Erick Thohir : Untuk Pengembangan Sepak Bola Nasional

Erick Thohir.-Dok/PSSI -

JAKARTA, DISWAY.ID-Federation Internationale de Football Association (FIFA) memberikan dana sebesar USD 5,6 juta atau setara dengan Rp 86,5 miliar kepada Persatuan Sepak Bolan Seluruh Indonesia (PSSI). 

Hal ini diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Rabu 8 Maret 2023. 

Erick Thohir menjelaskan, dana sebesar itu diperuntukkan bagi pengembangan sepak bola nasional, termasuk di dalamnya membantu pembangunan tempat pelatihan (training camp).

BACA JUGA:Erick Thohir Copot Direktur Pertamina Dedi Sunardi

"FIFA mempunyai program 'Forward 3.0'. Program itu mengharapkan kompetisi di negara termasuk pembinaan harus berjalan. Melalui program tersebut kita juga mendapatkan berkah membangun 'training camp' yang dibantu oleh FIFA senilai 5,6 juta dolar AS," ujar Erick Thohir seusai acara peluncuran produk resmi Piala Dunia U-20 2023 di Jakarta, Rabu 8 Maret 2023. 

FIFA Forward 3.0 merupakan kebijakan yang baru diluncurkan FIFA pada Januari 2023. 

Tujuan program tersebut ialah untuk menyediakan pendanaan yang komprehensif bagi pengembangan sepak bola di seluruh dunia.

BACA JUGA:PSSI Bakal Ganti Nama Liga 1 dan Liga 2 Musim Depan, Jadi Apa?

Melalui FIFA Forward 3.0, FIFA ingin agar seluruh asosiasi anggotanya, yang bernaung di lima konfederasi, mampu meningkatkan kualitas persepakbolaan mereka sehingga mampu bersaing dengan negara-negara lain.

FIFA menyebut, Forward 3.0 akan diterapkan sampai akhir 2026. Terkait dengan itu, FIFA memberikan tiga insentif untuk masing-masing asosiasi anggotanya, yakni, pertama, dana senilai USD 5 juta atau setara dengan Rp 77 miliar untuk menutupi operasional yang berhubungan dengan sepak bola.

BACA JUGA:Profil Ratu Tisha, Wakil Ketua Umum PSSI Terpilih Setelah Drama Pemilihan Ulang

Kedua, uang tambahan USD 3 juta atau sekitar Rp 46 miliar, untuk menjalankan proyek spesifik yang direncanakan dengan baik dengan tujuan pengembangan sepak bola jangka panjang.

Terakhir, untuk asosiasi anggota yang dinilai sangat membutuhkan, FIFA menyalurkan lagi dana USD 1,2 juta atau sekitar Rp 18,5 miliar, untuk menutupi biaya perjalanan dan akomodasi tim nasional mereka serta pembelian perlengkapan sepak bola.

Menurut Erick Thohir, di PSSI, dana dari FIFA Forward 3.0 akan disalurkan ke Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI untuk membantu program pembinaan dan kompetisi di wilayah mereka. "Pembinaan yang mereka lakukan nanti dinilai oleh FIFA," kata pria yang juga menteri BUMN itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: