Lewandowski: Cukuplah Barcelona, Tiki Taka Sudah Ketinggalan Zaman!

Lewandowski: Cukuplah Barcelona, Tiki Taka Sudah Ketinggalan Zaman!

Robert Lewandowski ajak Barcelona tinggalkan tiki taka-ilustrasi-@Robert Lewandowski

JAKARTA, DISWAY.ID - Robert Lewandowski mengajak Barcelona untuk meninggalkan permainan sepak bola tiki-taka yang dianggap sudah ketinggalan zaman.

Lewandowski sendiri direkrut Barcelona dari Bayern Munich pada musim panas 2022. 

Menurtnya, proses kebangkitan Barcelona butuh waktu dan semua pihak terlibat mesti serta memiliki keinginan untuk beradaptasi.

"Saya tahu bahwa DNA Barcelona adalah untuk memainkan sepakbola indah, tapi kami juga harus menyadari fakta bahwa sepakbola sudah berubah," kata Lewandowski dilansir Marca.

BACA JUGA:Penjualan Manchester United Ditargetkan Rampung Sebelum Juni, Qatar Ingin Tiru Bos Manchester City

"Contohnya saja, cara bermain Barcelona 10 tahun yang lalu mungkin sudah tidak mujarab untuk dipakai di sepakbola zaman sekarang," sambungnya.

"Kami harus beradaptasi dengan [perubahan] sepakbola dan memberikan yang terbaik yang kami miliki," lanjutnya.

Saat ini Barcelona memimpin klasemen La Liga dengan keunggulan sembilan poin dari Real Madrid di peringkat kedua. Sayangnya, nasib mereka di Eropa belum membaik sepeninggal Lionel Messi pada 2021. 

BACA JUGA:Perburuan Manchester United Makin Panas, Elliot Investment Siap Tikung Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe

Barca meraih puncak kejayaan pada era pertengahan 2000-an dan awal 2010-an dengan gaya umpan-umpan pendek plus pergerakan yang jitu, menciptakan permainan indah nan mengalir yang memanjakan mata.

Kendati demikian, mereka sudah hampir satu dekade tak menjuarai Liga Champions Eropa, dan cengkeraman mereka terhadap sepakbola Spanyol mengendur perlahan-lahan, terakhir memenangi La Liga pada musim 2018/19 atau empat musim lalu.

BACA JUGA:Laga FIFA Match Day Maret, Erick Thohir Pastikan Timnas Indonesia Siap Lawan Burundi

Situasi minim prestasi ini selaras dengan perkembangan sepakbola dunia, di mana tim-tim mulai menggunakan taktik-taktik dengan identitas yang lebih kaku dan direct serta mengandalkan pemain dengan kemampuan fisik mumpuni.

Saat ini Barcelona tengah berusaha bangkit dari badai krisis finansial yang menderu beberapa waktu lalu, dan dalam prosesnya ingin menemukan kembali identitas permainan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: