Perkuat Keagamaan yang Moderat, Kemenag Kirim 50 Dai Ke Wilayah 3T

Perkuat Keagamaan yang Moderat, Kemenag Kirim 50 Dai Ke Wilayah 3T

Kemenag resmi mengirim 50 dai ke wilayah 3T-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin resmi melepas 50 penceramah moderat ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Kamaruddin Amin mengatakan bahwa pelepasan penceramah ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap Ramadan oleh pihak Kemenag. 

Tidak hanya itu, program tersebut juga merupakan upaya Kemenag dalam pemerataan akses layanan dan bimbingan keagamaan serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama Islam yang moderat di masyarakat.

BACA JUGA:Hotel 101 Urban Kelapa Gading Tawarkan Paket Bukber Sultan Ala Maroko, Menu Ini Jadi Juaranya!

“Program pengiriman dai untuk berdakwah di daerah 3T ini menjadi ikhtiar dan tanggung jawab kami dalam pemerataan layanan keagamaan," ujar Kamaruddin Amin melalui keterangan resminya yang diterima Disway.id, Selasa, 21 Maret 2023.

"Terutama dalam penguatan pemahaman keagamaan moderat dan wawasan kebangsaan yang kuat," sambungnya. 

Lebih lanjut, Komaruddin mengatakan, dengan 50 dai yang terpilih itu, Kemenag akan terus berusaha menjangkau ke seluruh pelosok negeri dalam pembangunan di bidang agama

BACA JUGA:Jam Macet Jakarta Berubah Saat Ramadhan, Kepolisian Ungkap Alasannya

 “Di Ramadan tahun ini, Kemenag mengirim 50 dai yang terpilih dari 279 pendaftar melalui rekrutmen terbuka," kata Komaruddin. 

"Mereka akan melaksanakan tugas dakwah di lima provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur,” sambungnya. 

Nantinya, ke 50 orang tersebut akan menargetkan ke wilayah dimana warganya belum mempunyai ilmu Baca Tulis Qur'an (BTQ) dengan baik. 

“Banyak masyarakat Muslim yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik, pemahaman tentang ketauhidan dan wawasan fikih ibadah yang masih rendah, serta aspek-aspek muamalah-perekonomian Islam yang masih kurang. Kenyataan ini yang menjadi salah satu target pelayanan kami,” imbuhnya. 

BACA JUGA:Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 dan Cara Aksesnya di Laman Kemenag

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Ahmad Zayadi. Dia mengatakan, nantinya para dai ini akan ditugaskan pada empat aspek penting dalam kehidupan beragama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: