Hadapi Mudik Lebaran 2023, Pelabuhan Merak Fungsikan 7 Dermaga dan 5 Tambahan

Hadapi Mudik Lebaran 2023, Pelabuhan Merak Fungsikan 7 Dermaga dan 5 Tambahan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,menggelar rapat koordinasi membahas upaya antisipasi kepadatan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, di masa mudik lebaran tahun ini, Sabtu 11 Maret 2023.-Kemenhub RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik pada libur Idulfitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Peningkatan jumlah pemudik yaitu mencapai 123 juta orang atau naik sebesar 47% secara nasional.

Dalam menghadapi peningkatan pemudik, Kemenhub menyiapkan seluruh layanan transportasi, termasuk untuk penyeberangan.

BACA JUGA:Jumlah Pemudik Bakal Capai 123 Juta Orang, Diterapkan Rekayasa Lalu Lintas yang Terukur

BACA JUGA:Tantangan Rian Mahendra Diladeni PO Kencana, Beli 6 Unit Bus, Begini Anak Haji Haryanto Tancap Gas: Sudahlah Main Double Decker

Setiap tahunnya saat masa mudik berlangsung Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten, cukup padat bahkan sampai melampaui batas. 

Adapun penyeberangan di Pelabuhan Merak, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, bakal memfungsikan 7 dermaga di Pelabuhan Merak dan membuka tambahan 5 dermaga di sekitarnya.

Dikatakan Menhub angkutan dari Pelabuhan Merak menuju ke Bakauheni juga mendapat perhatian lebih dalam persiapan angkutan mudik lebaran 2023 ini.

“Kapolri minta beberapa Pelabuhan seperti di Indah Kiat, di Bakau Jaya itu difungsikan. Sehingga, titik keberangkatan itu tidak saja di Merak tetapi ada di Ciwandan, ada di Indah Kiat, dan ada juga di Bakau Jaya,” terangnya.

Tak hanya menambah pelabuhan, namun jumlah kapal juga akan ditingkatkan.


Suasana arus mudik terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, Kamis 28 April 2022. Jalur ini melintasi Selat Sunda menuju Pulau Sumatera. -ASDP -disway.id

BACA JUGA:Menhub Batasi Truk Tronton Selama Mudik Lebaran 2023

BACA JUGA:Isu Perselingkuhan dengan Mimi Bayuh, Raffi Ahmad Ungkap Nagita Slavina Tak Kaget: Ketawa-Ketawa Aja

Salah satunya, menurut Menhub, adalah menggunakan kapal Pelni untuk dijadikan kapal penyeberangan dan sudah dilaksanakan sejak tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: