Cara Mengaktifkan NFC di iPhone dan Android, Cek Saldo dan Top up e-Money Makin Mudah

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone dan Android, Cek Saldo dan Top up e-Money Makin Mudah

Memahami cara mengaktifkan Near Field Communication (NFC) di iphone dan Android harus kalian ketahui--Pixabay/JESHOOTS-com

Pada 2011, terdapat fitur Android Beam yang hadir pada Android versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich.

Android Beam memberikan kemudahan untuk mentransfer file, konten, atau data apa pun yang di HP ke gadget lain yang mendukung NFC. Fast forward ke Android 12, fitur Android Beam kini digantikan oleh Nearby Share, yang menggunakan teknologi Bluetooth dan Wi-Fi Direct sebagai gantinya.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Berpidato yang Baik? Ikuti 10 Tips Jitu Ini!

Kontrol ke gadget Smart Home

Beberapa aplikasi dan perangkat smart home yang sudah mendukung voice assistant seperti Google Assistant dan Samsung Bixby, hingga Apple HomeKit juga sudah mendukung NFC.

Anda dapat menyetel tag NFC ke gadget smart home untuk kemudahan mengontrol perangkat atau otomatisasi lewat NFC dengan aplikasi Android yang sesuai.

Perangkat audio seperti wireless earphone, headphone, atau speaker juga banyak yang telah dilengkapi dengan NFC. Untuk menghubungkan ponsel dengan perangkat audio tersebut, Anda tinggal mendekatkan jarak keduanya dan voila, keduanya terhubung lewat koneksi bluetooth.

Berbagi kontak antar HP

Fungsi NFC lainnya selain beberapa yang sudah disebutkan di atas adalah bisa digunakan sebagai medium mengirimkan kontak antar smartphone, selama 2 smartphone yang terlibat sudah memiliki NFC.

BACA JUGA:Tips dan Trik Budidaya Ikan Gabus untuk Pemula Terkini 2023, Ikuti Langkah Ini Sampai Panen!

Cara membagikan kontak dengan NFC sendiri relatif mudah, Anda cukup membuka aplikasi kontak yang ada di HP, pilih kontak yang ingin dibagikan, buka menu > share, dan pilih share contact (vcf), lalu pilih Quick Share atau NFC share.

Berikut cara aktifkan fitur NFC di Android:

1. Buka menu pengaturan atau settings pada HP Android

2. Pilih menu “More Settings” atau “Pengaturan Lainnya”.

3. Anda akan menemukan pilihan “NFC”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: