Polri Bakal Lakukan Pengamanan Mudik Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

Polri Bakal Lakukan Pengamanan Mudik Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo larang keras mudik pakai sepeda motor. Polri buka pendaftaran mudik gratis 2023-korlantas-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan meminta kepada jajarannya untuk melakukan pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Hal itu sebagaimana arahan dari Presiden Jokowi. 

"Arahan dari Bapak Presiden, pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik tahun ini bisa jauh lebih baik daripada tahun kemarin," ujar Listyo usai rapat koordinasi bersama Menteri di ruang Rupatama, Mabes Polri, Kamis, 6 Maret 2023.

BACA JUGA:Mudik 2023, Polri Kerahkan 148.261 Personel, Menteri PUPR Beri Diskon 20 Persen Tarif Tol Japek

Atas arahan tersebut, Jenderal Sigit menyebut pihaknya bersama lintas sektoral menggelar rapat lebih dini. Rapat ini juga bertujuan menguatkan sinergitas antar pihak.

"Kami melaksanakan evaluasi sekaligus melakukan sinergitas dalam langkah melakukan perbaikan manajemen terkait dengan rekayasa maupun persiapan-persiapan lain," kata Sigit. 

Eks Kabareskrim Polri itu pun mengatakan Polri memprediksi akan ada 123 juta orang pulang ke kampung halaman pada Lebaran 2023. 

BACA JUGA:Pemudik Mesti Tahu, 3 Skema Manajemen Lalu Lintas akan Diterapkan Selama Angleb 2023

Lebih lanjut, Listyo mengatakan pihaknya juga akan menggelar operasi ketupat 2023. Jenderal bintang empat itu mengungkapkan jika Polri bakal mengerahkan 148.261 personel guna menjaga ketertiban, keamanan, hingga kelancaran selama Lebaran 2023.

"Pemerintah menyiapkan rencana skenario untuk Idul Fitri 2023 dari sisi keamanan ketertiban dan kelancaran arus lalin. Bapak Kapolri akan menyiapkan personel sebanyak 148.261 orang," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 6 April 2023.

Selain itu, Polri juga telah menyiapkan 2787 posko pengamanan dan pelayanan hingga posko terpadu. 

"Kemudian tadi berdasarkan laporan dari menteri perhubungan dan juga bapak kapolri ini yang mohon diwaspadai oleh para mereka yabg akan mudik bahwa kecelakaan banyak terjadi di tempat-tempat wisata dan rute perjalanan," ungkapnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: