Polisi Akan Terapkan Contraflow di Tol Dalam Kota Bila Kendaraan Menumpuk

Polisi Akan Terapkan Contraflow di Tol Dalam Kota Bila Kendaraan Menumpuk

Polisi akan terapkan contra flow di Tol Dalam Kota apabila terdapat penumpukan kendaraan arus balik, Selasa 25 April 2023.-Tol Dalam Kota/Dok/Disway/rizky ari gunawan-

JAKARTA, DISWAY.ID - Polisi akan menerapkan contraflow alias perubahan arah normal arus kendaraan di jalan Tol Dalam Kota (dalkot) Jakarta akan diterapkan jika diperlukan saat arus balik mudik.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan Jika di Tol Dalam Kota terjadi penumpukan, nantinya kendaraan akan diarahkan terlebih dahulu ke Tanjung Priok atau Pondok Indah.

"Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di Dalam Kota, akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah. Tentunya nanti ada masalah di pintu tol. Pintu tol akan kita tambah petugas tap pintu tol," katanya kepada awak media, Selasa 25 April 2023.

BACA JUGA:ASN dan Swasta Bisa Perpanjang Cuti Sesuai Prosedur, Jokowi Instruksikan Pemudik Agar Tunda Balik Ke Jakarta Guna Hindari Kemacetan

Diungkapkannya, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang ada.

"Setelah itu, maksimal nanti akan kita perkuat di jalur arteri keluar tol diperkuat dari Cibatu, Cibitung, Cikarang, Cikarang Barat, sampai Bekasi Barat, Bekasi Timur, dan exit tol seluruh Jakarta akan dikuat oleh personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk betul memperlancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Lalin Arus Balik Jakarta Disebut Normal, Polisi Tetap Berjaga

BACA JUGA:Arus Balik Mudik 2023: Tol Semarang hingga Cikampek Diberlakukan One Way Mulai Jam 14.00 WIB, Pengendara dari Jakarta Dialihkan Keluar Dawuan

Sebelumnya, Lalu Lintas (Lalin) arus balik mudik lebaran Idul Fitri disebut masih dalam kisaran normal yang mengarah ke Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan jumlah kendaraan yang melintas masih di angka 3000 kendaraan per jam.

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran 2023: Daftar Ruas Tol Terapkan One Way, Mana Saja?

Diungkapkannya, lalin yang mengarah ke Tol Dalam Kota maupun Tol JORR masih terkendali.

"Yang masuk ke Dalam Kota juga masih terkendali, masuk ke Tanjung Priok, JORR Utara juga masih terkendali, masuk ke JORR Selatan arah Pondok Indah juga sangat terkendali," katanya kepada awak media.

Disebutkannya, berdasarkan pengamatan pihaknya hingga kini belum ada kemacetan di ruas jalan tol arah Jakarta.

Namun, pihaknya pun mengimbau masyarakat yang kelelahan untuk tidak berhenti di bahu jalan.

Lantaran menurutnya, hal tersebut kerap kali menjadi penyebab terjadinya kemacetan.

"Jangan sampai ada hambatan sekecil apapun. Misalnya, yang kita antisipasi adalah parkir di bahu jalan, karena capek berhenti, ini harus masuk ke rest area semuanya. Apabila terjadi accident sesegera mungkin harus kita selesaikan. Sehingga tidak terjadi penumpukan," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: