Rayakan Hari Kembalinya Papua Barat ke Pangkuan NKRI, Mantan Panglima OPM Serahkan Senpi ke Panglima Kodam Cendrawasih

Rayakan Hari Kembalinya Papua Barat ke Pangkuan NKRI, Mantan Panglima OPM Serahkan Senpi ke Panglima Kodam Cendrawasih

Mantan panglima OPM menyerahkan sejumlah senpi kepada Panglima Kodam Cendrawasih di sela peresmian tugu pancasila sekaligus merayakan hari kembalinya Papua Barat ke pangkuan NKRI, 1 Mei 2023-Instagram/@infokomando.offical-

KEEROM, DISWAY.ID-Dalam rangka merayakan Hari Kembalinya Papua Barat ke Pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 1 Mei 2023, mantan pangliima Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Keerom, Papua menyerahkan sejumlah senjata api (Senpi) kepada Panglima Kodam Cendrawasih, Mayjen Muhammad Saleh Mustafa. 

Mantan Panglima OPM Wilayah Keerom yang bernama Laberth Pekikir menyerahkan senpi kepada Mayjen Muhammad Saleh Mustafa, pada Senin 1 Mei 2023.

"Pada tanggal 1 Mei 1963 para leluhur kami bersatu membela kebebasan dari penjajah sehingga pesan dari leluhur harus tetap dilanjutkan dengan tetap menjaga Papua dalam bingkai NKRI," ungkap Mayjen Mustafa, usai meresmikan Tugu Pancasila, Senin siang.

BACA JUGA:Sejumlah Komandan TNI di Papua Dimutasi, Ada Apa?

1 Mei diperingati sebagai hari kembalinya Papua Barat ke pangkuan NKRI.

Dalam peringatan 1 Mei 2023, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa juga meresmikan Tugu Pancasila di Distrik Waris yang dulunya merupakan markas Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Mayjen Mustafa menjelaskan dengan adanya Tugu Pancasila yang telah diresmikan, maka semua masyarakat Papua dapat terus bersama-sama dengan pemerintah daerah setempat membangun Tanah Papua.

Menurut Mayjen Mustafa,  pembangunan Tugu Pancasila di Waris pada tanggal 1 Mei yang merupakan tanggal bersejarah, yaitu tanggal kembalinya Papua Barat ke pangkuan NKRI.

“Ini merupakan tanggal dimana semua leluhur-leluhur kita, semua orang-orang tua kita, bersatu membela kebebasannya dari kolonial Belanda pada saat itu. Sehingga kembalinya tanah Papua ke NKRI adalah merupakan pesan-pesan leluhur yang harus kita lanjutkan,” tegasnya.

Ia juga mengajak agar semua yang hadir bisa membuktikan kepada para leluhur, bahwa rakyat Papua mau dan bisa membangun tanahnya sendiri. Untuk itu, Pangdam mengajak agar Tugu Pancasila ini dijadikan momentum pembangunan Papua.

“Mari torang Papua membangun Papua. Saya ingin melihat alam tanah Waris ini kondisinya menjadi lebih baik, diawali dengan berdirinya Tugu Pancasila ini,” himbaunya seraya menyebut bahwa landasan utama yang harus dibangun masyarakat adalah persatuan, kesatuan, dan kebersamaan," katanya dalam keterangan yang dikutip Selasa 2 Mei 2023

BACA JUGA:Hampir 100 Persen Penduduk Papua Barat Tercover JKN

BACA JUGA:Minta Intervensi PBB, TPNPB - OPM Singgung Perang Ukraina-Rusia : Sekarang Saatnya Beri Bantuan yang Sama

"Sehingga situasi yang ada di Papua, khususnya di Kabupaten Keerom saat ini ke depan akan menjadi lebih baik yang diawali dengan berdirinya Tugu Pancasila,ini," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: