Jokowi Ucapkan Selamat Bergabung Untuk Timor Leste di Keluarga ASEAN

Jokowi Ucapkan Selamat Bergabung Untuk Timor Leste di Keluarga ASEAN

Jokowi Ucapkan Selamat Bergabung Untuk Timor Leste di Keluarga ASEAN-Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Timor Leste resmi bergabung sebagai anggota ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang berlangsung di Labuan Baik, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 10 Mei 2023.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengucapkan selamat bergabung kepada negara Timor Leste yang kini resmi sebagai bagian dari keluarga ASEAN.

BACA JUGA:KPMH Nilai Kasus Sutrisno Lukito Murni Penegakan Hukum

Sebelumnya diketahui, pada KTT ASEAN di Phnom Phen 2022 lalu secara prinsipal telah menyepakati keanggotan bagi Timor Leste.

Meskipun hingga saat ini, Timor Leste masih berstatus observer, Timor Leste akan mendapat hak untuk menghadiri semua pertemuan ASEAN dan sesi KTT.

Timor Leste masih harus memenuhi sejumlah kewajiban sebelum menjadi anggota penuh ASEAN. Timor Leste merupakan negara ke-11 yang akan bergabung dengan keanggotaan ASEAN.

BACA JUGA:Tegang! Asam Lambung AKBP Dody Prawiranegara Tiba-tiba Naik, Kuasa Hukum: Mungkin Kita Sama Ya, Deg-degan

“Pada Perdana Menteri Timor Leste, Selamat bergabung di keluarga ASEAN,” ujar Presiden Jokowi seraya mempersilahkan Perdana Menteri (PM) Timor Leste Taur Matan Ruak untuk menyampaikan sambutan pandangannya. 

Menanggapi hal itu, PM Timor Leste pun berterima kasih atas dukungan Indonesia terhadap Timor Leste.

Sehingga, bisa bergabung menjadi anggota ASEAN, pertama kali hadir dalam perhelatan KTT ASEAN, dan menjadi observer ajang bergengsi tingkat Asia Tenggara. 

BACA JUGA:Polisi Tunggu Hasil Autopsi Jasad Atlet Para Tenis Meja David Jacob

“Terima kasih kepada Yang Mulia Joko Widodo Presiden Indonesia ketua ASEAN 2023, atas dukungan dan komitmennya selama ini, yang telah memberikan undangan kepada saya untuk berpartisipasi dalam KTT yang bersejarah ini," ungkap PM Taur Matan Ruak.

Menurutnya, menjadi sebuah kehormatan bagi negaranya untuk hadir pertama kalinya pada KTT ASEAN, serta merupakan bab baru dari sejarah Timor Leste juga ASEAN.

BACA JUGA:Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Banten, Tidak Berpotensi Tsunami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: