Minat? Dibutuhkan 342 Guru dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Unggulan

Minat? Dibutuhkan 342 Guru dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Unggulan

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong-kemenag RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kesempatan untuk menjadi guru dan tenaga kependidikan (GTK) di madrasah unggulan terbuka luas bagi peminat yang lolos seleksi.

Pasalnya, saat ini Kementerian Agama (Kemenag) masih membutuhkan sebanyak 342 guru dan tenaga kependidikan (GTK) di madrasah unggulan tersebut.

Adanya kesempatan tersedia sebanyak itu terungkap dalam peta kebutuhan GTK pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Unggulan tahun 2022.

BACA JUGA:366 Jemaah haji Kloter Pertama Embarkasi Kertajati Diberangkatkan

Kekurangan itu tampak dari hasil perhitungan antara mata pelajaran dan rombongan belajar. Kekurangan ini juga di luar proses seleksi PPPK tahun 2022.

Oleh karenanya, dibuka seleksi calon GTK Madrasah Unggulan.

Total ada 847 yang mendaftar dalam seleksi ini.

Ada 35 MAN Unggulan yang menjadi binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, yaitu: 23 MAN Insan Cendekia, 10 MAN Penyelenggara Program Keagamaan (MAN-PK), dan 2 MAN Kejuruan (MAKN).

"Seleksi GTK Madrasah Unggulan diikuti para ASN, baik PNS maupun PPPK, yang bertugas di luar madrasah tersebut. Seleksi juga diikuti pendaftar Non ASN," terang Direktur GTK Madrasah M Zain di Jakarta, Minggu (28/5/2023).

Dalam prosesnya, seleksi ini melibatkan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama dan juga Inspektorat Jenderal.

BACA JUGA:Habib Nabiel Tersenyum Melihat Prabowo Geser Podium Agar Tak Membelakangi Para Habib dan Ulama

“Pelibatan dua unit eselon satu ini dimaksudkan agar sejak awal berbagai permasalahan kepegawaian dapat dimitigasi sejak dini,” ujar M. Zain.

Ada sejumlah tahapan yang harus dikuti peserta, mulai dari seleksi berbasis computer (CBT) serta berbasis domisili, hingga wawacara bagi mereka yang lolos CBT. Dalam pelaksanaan CBT, Kemenag menggandeng UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kampus ini dinilai berpengalaman sebagai tempat ujian kompetensi (TUK) pada pelaksanaan Uji Pengetahuan (UP) Pendidikan Profesi Guru.

"CBT sudah digelar. Wawancara akan digelar Juni 2023," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: