Dampak El Nino Terjang Indonesia Sudah Mengintai, Awas Kenali Bahayanya!

Dampak El Nino Terjang Indonesia Sudah Mengintai, Awas Kenali Bahayanya!

Waspada cuaca ekstrim El Nino-BMKG-

El Nino dapat mengganggu musim tanam dan mengubah pola cuaca yang biasanya terjadi. Perubahan ini dapat menyebabkan penundaan dalam penanaman tanaman, penurunan luas tanam, atau bahkan kegagalan panen.

Petani perlu memperhatikan perubahan cuaca yang terkait dengan El Nino agar dapat menyesuaikan jadwal tanam mereka.

3. Penurunan Kualitas Tanaman

Kondisi cuaca yang ekstrem yang terkait dengan El Nino, seperti suhu yang tinggi dan kekurangan air, dapat menyebabkan penurunan kualitas tanaman.

Buah-buahan dan sayuran yang tumbuh dalam kondisi yang tidak ideal cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil, rasa yang kurang enak, dan kualitas yang buruk secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Teknologi Modifikasi Cuaca Disiapkan Pemerintah Hadapi Fenomena El Nino Ekstrem

4. Penyakit dan Hama

El Nino dapat mempengaruhi persebaran penyakit dan hama tanaman. Perubahan kondisi cuaca dapat menciptakan lingkungan yang lebih menguntungkan bagi beberapa penyakit dan hama.

Ini dapat menyebabkan penyebaran yang lebih cepat dan lebih luas dari serangan penyakit dan hama, yang dapat merusak tanaman dan mengurangi hasil panen.

5. Ketidakstabilan Pasar

Perubahan dalam produksi pertanian akibat El Nino dapat menyebabkan ketidakstabilan pasar. Jika panen berkurang atau gagal, pasokan dapat berkurang, yang dapat menyebabkan kenaikan harga dan ketidakseimbangan pasokan dan permintaan.

Hal ini dapat mempengaruhi petani, pedagang, dan konsumen secara keseluruhan.

Demikianlah pengertian mengenai fenomena El Nino dan dampak yang mungkin bisa ditimbulkan. Untuk itu kami harap mulai dari sekarang mulai perkuat imun dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama  fenomena alam ini terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: