Wapres Ungkap 3 Poin Penting Kerjasama Indonesia - Uzbekistan

Wapres Ungkap 3 Poin Penting Kerjasama Indonesia - Uzbekistan

Wapres Ungkap 3 Poin Penting Kerjasama Indonesia - Uzbekistan-Setwapres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dalam kunjunganya ke Uzbekistan, Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menyampaikan tiga poin penting dalam memperkuat kerja sama antar Indonesia dan Uzbekistan

Pertama, Wapres berharap adanya peningkatan kerjasama di bidang perdagangan dan industri, khususnya melalui produk-produk unggulan baru. 

BACA JUGA:Gokil! Lagu Aldi Taher Untuk Messi Dipakai Akun Resmi FIFA World Cup: Abang Kita Semua

Data menunjukan bahwa nilai kerja sama di bidang ini mencapai USD82,5 juta di 2022 yang merupakan sebuah capaian yang sangat baik.

“Saya harap jumlah itu dapat kita tingkatkan. Termasuk melalui sektor unggulan baru, seperti produk halal,” kata Maruf Amin, Selasa 13 Juni 2023 kemarin.  

Sebab, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki keunggulan dalam produk halal, seperti; makanan, minuman, dan komestik.

BACA JUGA:Mau Tahu Cara Dapat DANA Kaget Secara Cuma-cuma? Simak Informasinya di Sini

“Mari kita mulai jajaki kerja sama untuk produk ini, salah satunya melalui saling pengakuan sertifikasi halal kedua negara,” tutur Wapres.

Di sisi lain, secara rinci kedua pemimpin juga berdiskusi terkait peluang kerja sama lain yang dapat direalisasikan, diantaranya di bidang industri minyak sawit, pupuk, dan penguatan kolaborasi antar kamar dagang kedua negara.

Kemudian poin kedua, Wapres juga menyampaikan apresiasi terhadap pembukaan rute penerbangan langsung (direct) Tashkent-Jakarta. 

BACA JUGA:'Mimpi Apa Gua!' Respons Aldi Taher, Lagu Ciptaannya Buat Lionel Messi Dipakai Akun Resmi FIFA

Wapres menilai, pembukaan rute itu akan dapat mempermudah transportasi logistik dalam mendukung penguatan kerjasama kedua negara.

“Saya juga menyambut baik pembukaan rute penerbangan langsung dari Tashkent ke Jakarta karena akan mempermudah pengiriman logistik dari dan ke Uzbekistan. Sehingga, dapat mendukung ekspor-impor kedua negara,” jelasnya.

Selanjutnya poin Ketiga, di bidang pariwisata dan kesehatan, Marud Amin melihat Indonesia dan Uzbekistan sama-sama memiliki potensi pariwisata yang besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: