Buka GBN 2023 di Senayan Park, Jokowi: Batik Adalah Kehormatan Kita

Buka GBN 2023 di Senayan Park, Jokowi: Batik Adalah Kehormatan Kita

Presiden Joko Widodo membuka Gelar Batik Nusantara 2023 di Senayan Park, Jakarta.-BPMI Setpres-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Gelar Batik Nusantara (GBN 2023), di Senayan Park (SPARK), Jakarta, Rabu 02 Agustus 2023.

Gelar Batik Nusantara (GBN 2023) digelar selama satu pekan di Senayan Park (SPARK), Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, mulai 2-6 Agustus 2023.

Dalam sambutan di ajang yang mengangkat keindahan batik tulis Complongan Indramayu sebagai ikon ini, Presiden Jokowi mengatakan bahwa batik memiliki keistimewaan.

BACA JUGA:Breaking News! Polri Resmi Tahan Panji Gumilang Atas Kasus Penistaan Agama

Keistimewaan tersebut tidak hanya dari segi keindahan, tetapi karena makna filosofinya.

“Batik sangat istimewa, tidak saja karena keindahan, tetapi juga karena makna-makna filosofinya. Batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita,” ujarnya Presiden.

Selain itu, industri batik juga telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Melalui batik telah tercipta lapangan kerja yang sangat banyak, jutaan orang bekerja di industri batik kita dan memberikan penghasilan serta kehidupan bagi jutaan rakyat kita yang bekerja di sektor ini,” ujarnya.

Jokowi meyakini, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk batik kembali bangkit, seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang juga tumbuh baik pascapandemi COVID-19.

“Kita harapkan tahun depan juga akan semakin baik pertumbuhan ekonomi kita. Dan juga, berbagai event nasional dan internasional juga banyak, mulai banyak sekali diselenggarakan seperti juga pada hari ini, yaitu Gelar Batik Nusantara,” ujarnya.

BACA JUGA:Listrik Istana Kepresidenan Kini Direvitalisasi, Sudah 63 Tahun Ringkih dan Tidak Aman

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melestarikan batik sebagai budaya asli Nusantara.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para perajin batik, kepada desainer batik, kepada pengusaha batik, kepada para pecinta batik, kepada para pemakai batik yang selama ini terus dan telah berkreasi menciptakan dan memproduksi, dan menggunakan batik sebagai karya adiluhung bangsa kita Indonesia.” ucapnya.

Presiden juga mengajak seluruh masyarakat pegiat batik untuk mengembangkan industri batik dengan terus berinovasi dalam membuat motif batik, sehingga dapat menghasilkan produksi batik-batik yang semakin beragam dan menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: