7 Negara dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Dunia, Nomor 2 Gak Disangka!

7 Negara dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Dunia, Nomor 2 Gak Disangka!

Masjid Al-Jabbar/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Masjid, sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, memiliki peran penting dalam kehidupan komunitas Muslim di seluruh dunia. 

Di berbagai belahan dunia, terdapat negara-negara yang memiliki jumlah masjid terbanyak, menunjukkan keanekaragaman budaya dan agama dalam Islam. 

Berikut daftar 10 negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia:

1. Indonesia

Indonesia ternyata menjadi negara pertama di dunia yang memiliki masjid terbanyak. 

Berdasarkan data yang dihimpun TRT World, Indonesia memiliki sekitar 800 ribu masjid yang terbagi di berbagai provinsi di Indonesia. 

Lima provinsi dengan masjid terbanyak yaitu Jawa Barat sebanyak 58.979 masjid, Jawa Tengah dengan 50.549 masjid, Jawa Timur dengan 48.947 masjid, Sulawesi Selatan dengan 14.313 masjid, dan Lampung dengan 12.000 masjid. 

Berdasarkan RISSC (The Royal Islamic Strategic Studies Centre), Indonesia juga memiliki 86,7% penduduk Muslim dari total 237 juta populasinya. 

2. India

Di urutan kedua ada negara yang terletak di Asia Selatan yaitu India. Meskipun mayoritas agama di negara ini adalah Hindu, akan tetapi masjid yang dibangun di India merupakan terbanyak kedua di dunia. 

Menurut TRT World, India memiliki sekitar 300 ribu masjid yang tersebar di seluruh kotanya.

Meskipun jumlah masjidnya terbilang sangat banyak, namun ternyata India berada di urutan ketiga dalam daftar negara dengan penduduk Muslim terbesar, yaitu di angka 200 juta penduduk. 

3. Bangladesh

Pada urutan ketiga, ada Bangladesh. Negara ini memiliki sekitar 250 ribu masjid yang menjadi tempat beribadah penduduk Muslim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: