Klarifikasi dan Hak Jawab Lola Nadya Atas Pemberitaan Disway.id

Klarifikasi dan Hak Jawab Lola Nadya Atas Pemberitaan Disway.id

Lola Nadya Larasati salah satu finalis Miss Universe Indonesia 2023-Foto/Instagram/lolanadya-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sehubungan dengan pemberitaan terkait dugaan pelecehan seksual Finalis Miss Universe Indonesia 2023 di Disway.id dengan judul "Ini Kata-kata Safa Attamini yang Bikin Lola Nadya Merasa Dilecehkan saat 'Body Checking' Miss Universe" pada 13 Agustus 2023, redaksi disway.id perlu menyampaikan beberapa poin:

1. Dalam pemberitaan itu redaksi mengutip dari tayangan video podcast Deddy Corbuzier yang menghadirkan narasumber Lola Nadya, salah satu finalis Miss Universe Indonesia 2023.

Dalam video wawancara itu, Lola Nadya tidak menyebutkan nama Safa Attamimi, kecuali salah satu COO MUID.

2. Redaksi juga tidak mengkonfirmasi secara langsung keterangan yang ada dalam video tersebut kepada Lola Nadya.

3. Menyadari kekeliruan itu, redaksi Disway.id melakukan koreksi data pada pemberitaan tersebut sebagai iktikad baik serta mematuhi Pedoman Media Siber.

4. Redaksi berusaha menghubungi pengacara Lola Nadya, Mellisa Anggraini SH., MH., CLA., melalui sambungan WhatsApp pada 15 Agustus 2023 sebagai tindakan konfirmasi dan upaya klarifikasi.

5. Izinkan pihak redaksi secara khusus menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya atas kelalaian dari pemberitaan sebelumnya.

Pihak Mellisa Anggraini SH., MH., CLA., baru memberikan tanggapan pada Kamis, 24 Agustus 2023 pukul 15.18.

Yang kemudian berlanjut dengan sambungan telepon.

Dari hasil pembicaraan redaksi disway.id dengan Mellisa Anggraini SH., MH., CLA., maka redaksi Disway.id menyampaikan klarifikasi dan memberi ruang hak jawab pihak Lola Nadya melalui pemberitaan ini.

Redaksi Disway.id menyadari dan mengakui kelalaian dalam melaksanakan tugas jurnalistik terkait dengan kasus Miss Universe Indonesia 2023.

Berikut isi hak jawab dari Lola Nadya pada Kamis, 24 Agustus 2023: 

"Bahwa pemberitaan Disway tertanggal 13 Agustus 2023 yang memuat judul, 'Ini Kata-kata Safa Attamini yang Bikin Lola Nadya Merasa Dilecehkan saat 'Body Checking' Miss Universe', yang merujuk dari konten podcast Deddy Corbuzier tanggal 9 Agustus 2023 adalah perlu dikoreksi."

Lola Nadya juga menyatakan jika dirinya hanya menyampaikan dan menyebut adanya COO Miss Universe Indonesia (MUID), tanpa menyebutkan nama Safa Attamimi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: