Akan Kerja Sama Militer, Kim Jong Un Nyatakan Dukung Vladimir Putin

Akan Kerja Sama Militer, Kim Jong Un Nyatakan Dukung Vladimir Putin

Kim Jong Un bertemu dengan Vladimir Putin, Rabu 13 September 2023-TASS-

Vostochny, DISWAY.ID-Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji untuk memperkuat hubungan kerja sama bilateral. 

Kim Jong Un dalam pertemuan dengan Vladimir Putin mengaku akan mendukung Rusia. 

Kim Jong Un mengatakan, memperluas hubungan dengan Moskow adalah prioritas utama Pyongyang, khususnya di bidang politik.

BACA JUGA:Putin Akan Bertemu Kim Jong Un, Amerika: Mereka Bertransaksi Senjata

Menurut Kazbek Taisaev, koordinator Kelompok Persahabatan Duma Negara Rusia dengan parlemen Korea Utara, kunjungan Kim akan membantu memfasilitasi implementasi banyak aspek praktis kerja sama ekonomi bilateral antar negara.

"Kami sangat berharap demikian. Korea Utara sempat tertutup selama pandemi, namun kini kami memiliki banyak rencana dalam hal perekonomian, misalnya pengembangan kemitraan kerja sama industri, serta pertukaran pertanian dan budaya," ujarnya, mengutip kantor berita Rusia, TASS, Kamis 14 September 2023.

Pemimpin Korea Utara tersebut menyatakan bahwa Moskow dapat mengandalkan dukungan politik Pyongyang dalam lingkungan geopolitik yang menantang saat ini.

"Rusia mematuhi sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara, namun ada potensi kerja sama militer antara negara-negara tetangga," kata Presiden Rusia Vladimir Putin setelah pembicaraan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Kosmodrom Vostochny di Wilayah Amur Timur Jauh Rusia. 

BACA JUGA:Korea Utara Resmi Dukung Rusia, Kim Jong Un: Keadilan dan Kemenangan Untuk Rusia

Victoria Samsonova, direktur Pusat Studi Korea di Institut Tiongkok dan Asia Modern dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, mengungkapkan pandangan serupa. 

"Kerja sama ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi telah lama menjadi prioritas Rusia dan Korea Utara, katanya. 

Dia mencatat bahwa kedua negara juga perlu membahas perluasan perdagangan, yang terlihat melambat sejak pandemi COVID-19 dan diperumit oleh “rezim sanksi yang tidak manusiawi yang telah melarang hampir semua ekspor prioritas Korea Utara [ke pasar] ke luar negeri.”

Kim Jong Un Mengundang Putin ke Korea Utara

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengunjungi Korea Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: