Top! Bandara Banyuwangi Sabet Penghargaan Subroto 2023

Top! Bandara Banyuwangi Sabet Penghargaan Subroto 2023

Bandara Banyuwangi Jawa Timur meraih penghargaan Subroto 2023.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, sabet Penghargaan Subroto 2023 Bidang Efisiensi Energi Subkategori Gedung Tropis dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penghargaan bergengsi tersebut diraih Bandara Banyuwangi, karena bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II ini dinilai mampu mewujudkan efisiensi energi.   

Tepatnya, penghargaan disematkan atas efisiensi energi yang diterapkan di Gedung Terminal Domestik Bandara Banyuwangi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada pihak Bandara Banyuwangi pada 29 September 2023. 

Dengan perolehan penghargaan ini, Bandara Banyuwangi berkesempatan untuk menjadi wakil Indonesia dalam ASEAN Energy Award untuk tahun berikutnya. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi di sektor energi dan sumber daya mineral. 

"Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia dalam kurun satu tahun terakhir," ujar Menteri ESDM. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan Penghargaan Subroto ini menjadi salah satu standar dalam mewujudkan efisiensi energi di 20 bandara AP II. 

“AP II sangat bangga dan bersyukur atas keberhasilan Bandara Banyuwangi meraih Penghargaan Subroto 2023 yang sangat bergengsi di sektor energi dan sumber daya mineral. Penghargaan ini juga menjadi standar kami dalam mewujudkan efisiensi energi di bandara-bandara AP II lainnya,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin mengatakan Gedung Terminal Domestik Bandara Banyuwangi yang dibangun oleh Pemkab Banyuwangi memiliki desain yang mengusung bangunan hijau dan ramah lingkungan. 

“Konsep bangunan hijau dan ramah lingkungan ini kemudian kami perkuat dengan pemanfaatan energi baru terbarukan yakni melalui penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atas bangunan,” jelas Muhammad Awaluddin.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Banyuwangi, Ibu Ipuk Fiestiandani, yang selalu mendukung Bandara Banyuwangi hingga mampu meraih banyak penghargaan termasuk Penghargaan Subroto dan Aga Khan Award. AP II dan Pemkab Banyuwangi terus berkolaborasi dan bersinergi dalam memberikan layanan kepada masyarakat khususnya terkait transportasi udara.”

Sebelum Penghargaan Subroto 2023, Bandara Banyuwangi berhasil meraih The Aga Khan Award for Architecture 2022, menyisihkan 463 nominasi bangunan dengan arsitektur terbaik di dunia.

Hemat energi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: