Jokowi Resmikan Kereta Cepat, Jarak Tempuh Jakarta- Bandung 30 Menit!

Jokowi Resmikan Kereta Cepat, Jarak Tempuh Jakarta- Bandung 30 Menit!

Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat WHOOSH di Stasiun Halim, Senin, 2 Oktober 2023-Sekretariat Presiden -

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama "Whoosh" sebagai layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, Saya nyatakan Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh dioperasikan," ujar Presiden Jokowi saat peresmian di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, pada hari Senin, 2 Oktober 2023.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa "Whoosh" adalah singkatan dari "Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat."

BACA JUGA:Daftar Tarif LRT Jabodetabek Oktober, Tidak Lagi Tarif Flat Rp 5.000

Saat ini, tarif resmi perjalanan KCJB belum diumumkan, namun Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa biaya perjalanan dengan Whoosh akan tetap gratis hingga pertengahan Oktober 2023. "Hingga pertengahan Oktober, pengoperasian tetap gratis," katanya.

Peresmian ini berlangsung pada pukul 09.00 WIB di Peron 3 & 4 lantai 3 Stasiun KCJB Halim dan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden.

Setelah peresmian, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan berangkat menuju Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, menggunakan rangkaian Whoosh bernomor G3501 di peron 3.

Turut mendampingi Presiden adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

BACA JUGA:Buruan Ambil Misi di TikTok! Saldo DANA Gratis Rp 43 Ribu Langsung Cair, Ikuti Cara Ini

Whoosh memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/jam yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat, dengan Halim di Jakarta Timur.

Dengan jarak waktu antara 20-30 menit, KCJB menyediakan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga perjalanan Jakarta-Bandung dapat ditempuh dalam rentang waktu 36 hingga 44 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: