Ukraina dalam Bahaya! Korut Kirim Ribuan Kontainer Berisi Peralatan Tempur ke Rusia

Ukraina dalam Bahaya! Korut Kirim Ribuan Kontainer Berisi Peralatan Tempur ke Rusia

Kim Jong Un bertemu dengan Vladimir Putin, Rabu 13 September 2023-TASS-

JAKARTA, DISWAY.ID - Amerika Serikat (AS) menuduh, bahwa Korea Utara telah mengirim  1.000 kontainer peralatan militer dan amunisi ke Rusia untuk perang di Ukraina.

Kabar itu disampaikan oleh juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih Amerika Serikat (AS) John Kirby pada Jumat 13 Oktober 2023 waktu setempat.

Kirby menduga, ribuan kontainer berisi peralatan militer itu dikirim setelah Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi Rusia dan bertemu Presiden Vladimir Putin.

BACA JUGA:Zelensky Tuduh Rusia di Balik Serangan Hamas ke Israel: Kami Yakin Rusia Mendukung!

“Kami mengecam DPRK (singkatan nama resmi Korea Utara) karena menyediakan peralatan militer ini kepada Rusia, yang akan digunakan untuk menyerang kota-kota Ukraina, membunuh warga sipil Ukraina," kata Kirby, dikutip dari kantor berita AFP.

Menurut informasi Gedung Putih, antara tanggal 1 September sampai 1 Oktober 2023 muatan kontainer dikirim melalui laut dari Najin di Korea Utara ke Dunay di Rusia.

"Muatan-muatan itu kemudian dikirim dengan kereta api ke depot amunisi dekat Tikhoretsk di barat daya Rusia, sekitar 290 kilometer dari perbatasan Ukraina," terangnya.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Buntuti Jokowi Hadir di Rakernas Projo, Ada Deklarasi Capres dan Cawapres Hari Ini

Kirby mengatakan, sebagai imbalan atas dukungan ke Rusia, Korea Utara meminta bantuan militer dari Moskwa termasuk pesawat tempur, rudal darat-ke-udara, kendaraan lapis baja, peralatan produksi rudal balistik.

“Perluasan kemitraan militer DPRK dan Rusia termasuk transfer teknologi apa pun dari Rusia ke DPRK merusak stabilitas regional dan rezim non-proliferasi global,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: