Kolaborasi dengan AWS, Program Terampil di Awan Telkomsel Mengakselerasi. Talenta Digital Indonesia

Kolaborasi dengan AWS, Program Terampil di Awan Telkomsel Mengakselerasi. Talenta Digital Indonesia

Telkomsel bergabung bersama Amazon Web Service (AWS), yang berkolaborasi dengan Yayasan Sagasitas Indonesia dalam program Terampil di Awan-Telkomsel-

JAKARTA, DISWAY.ID - Telkomsel melanjutkan peran sebagai social impact enabler yang menciptakan dampak sosial positif terhadap kemajuan masyarakat. 

Sebagai tindak lanjut, Telkomsel bergabung bersama Amazon Web Service (AWS), yang berkolaborasi dengan Yayasan Sagasitas Indonesia dalam program "Terampil di Awan". 

BACA JUGA:Cara Transfer Pulsa Telkomsel Lewat SMS, Bisa Kirim ke Provider Lainnya

BACA JUGA:3 Cara Menonaktifkan Paket Darurat Telkomsel, Mudah dan Cepat, Buruan Coba!

Program strategis ini dibentuk bertujuan mengakselerasi kapabilitas sekaligus pemenuhan kebutuhan talenta digital Indonesia. Adapun akselerasi itu dilakukan melalui pelatihan pengenalan cloud computing (komputasi awan) dan dasar-dasar pemrograman website, kepada pelajar, tenaga pengajar, dan komunitas dengan berbagai latar belakang. 

Dengan semangat inklusivitas, keberagaman, dan kesetaraan, program dimulai dengan Pelatihan Digital bagi lebih dari 250 siswa-siswi berkebutuhan khusus dari beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB) dan SMA di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada 12 Oktober 2023 kemarin. 

Program Terampil di Awan yang berlangsung hingga Desember 2023 menjadi bagian kolaborasi aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel dan diimplementasikan secara berkelanjutan sebagai perwujudan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) perusahaan. 

"Dalam mewujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Indonesia perlu meningkatkan persentase tenaga kerja sektor teknologi informasi dan komunikasi hingga 7,3 persen dari total seluruh tenaga kerja nasional," kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangan pers yang diterima Disway.id, Minggu, 22 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Cara Transfer Pulsa AXIS ke Telkomsel

BACA JUGA:Segera! Telkomsel Ucapkan 'Selamat Tinggal' Jaringan 3G di Wilayah Jawa Tengah dan DIY

Program Terampil di Awan mengedepankan aspek ‘Social’ dalam implementasi prinsip ESG, Telkomsel berharap dukungan untuk program Terampil di Awan yang diinisiasi AWS bersama Yayasan Sagasitas Indonesia dapat memperkuat ekosistem teknologi secara inklusif. 

Selain itu dukungan AWS pada komunitas penyandang disabilitas bertujuan memastikan pendidikan merata dan setara yang berkelanjutan, dengan memperluas akses kepada pelatihan digital dasar dan lanjutan dalam pemanfaatan teknologi komputasi awan. 

Selain memberikan pelatihan ke siswa-siswi berkebutuhan khusus, dalam tahap awal Program Terampil di Awan 2023, Telkomsel, AWS, dan Yayasan Sagasitas Indonesia turut menyelenggarakan pelatihan lanjutan komputasi awan hingga sertifikasi kepada guru pengajar SLB dan beberapa siswa-siswi yang terpilih. 

Dengan demikian akan membuka lebih banyak peluang pekerjaan dan meningkatkan pengetahuan guru-guru agar dapat memberikan pendidikan yang lebih relevan dengan kebutuhan industri. Untuk mendukung kelangsungan pembelajaran secara mandiri, Program Terampil di Awan ini juga akan memberikan akses ke platform pelatihan digital AWS Skill Builder kepada sejumlah sekolah yang dipilih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: