Ada 8 Rahasia Awet Muda Tanpa Operasi, Penelitian Ini Ungkap Faktanya

Ada 8 Rahasia Awet Muda Tanpa Operasi, Penelitian Ini Ungkap Faktanya

Ada Rahasia Awet Muda Tanpa Operasi, Penelitian Ini Ungkap Faktanya-andrea-piacquadio-PEXELS

JAKARTA, DISWAY.ID - Terbaru, penelitian telah menemukan bahwa gaya hidup sehat dan pola makan yang baiklah yang memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan hingga masa tua.

Ada delapan cara untuk hidup lebih lama dan terlihat awet muda, seperti yang akan dipresentasikan pada Sesi Ilmiah American Heart Association tahun 2023 di Philadelphia.

Penelitian ini menunjukkan bahwa memiliki kesehatan kardiovaskular yang baik dapat memperlambat penuaan biologis sekitar enam tahun secara rata-rata.

BACA JUGA:Tips Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan, Lakukan Cara Ini Demi Tak Ditipu

Hal ini berarti Anda dapat hidup lebih lama dan terlihat lebih muda. Dalam hal ini, juga diyakini bahwa kondisi ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit-penyakit terkait penuaan lainnya.

Namun, temuan ini masih belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang telah melewati proses review oleh para ahli.

Menurut laman Health Line, ada beberapa cara untuk hidup lebih lama dan terlihat lebih muda berdasarkan hasil penelitian ini, di antaranya adalah tidur nyenyak, tidak merokok, melakukan aktivitas fisik secara teratur, dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Selain itu, menjaga berat badan, mengendalikan kadar gula darah, mengontrol kadar kolesterol, dan menjaga tekanan darah normal juga sangat penting.

BACA JUGA:Tips Memesan Tiket Bus Lewat Aplikasi Travel Online untuk Persiapan Liburan Natal dan Tahun Baru 2024

Para peneliti mengamati seberapa baik orang mengikuti daftar pendekatan "Life's Essential 8" di atas.

Adanya 8 faktor ini kemudian diberi skor rata-rata, dan skor tersebut digunakan untuk menempatkan orang dalam kategori kesehatan kardiovaskular tinggi, sedang, atau rendah.

Lebih lanjut, para peneliti juga mengukur proses penuaan biologis dengan menghitung usia fenotipik peserta penelitian.

Usia fenotipik ini didapatkan dari usia kronologis peserta penelitian ditambah dengan hasil dari sembilan tes darah yang dipilih sebagai indikator metabolisme, peradangan, dan fungsi organ.

BACA JUGA:Tips Memilih Supplier Panel Lantai yang Tepat untuk Proyek Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: