Sempat Dilanda Ketakutan, Petrus Wanda Juarai Lompat Jauh Putra SMA Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers

Sempat Dilanda Ketakutan, Petrus Wanda Juarai Lompat Jauh Putra SMA Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers

Aksi Petrus Wanda saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers-SAC Indonesia-sacindonesia.com

 

Petrus Wanda berhasil menaklukkan ketakutannya di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Perwakilan SMA Sudirman Kupang ini mengamankan gelar juara lompat jauh putra SMA pada Jumat, 27 Oktober 2023 lalu.

 

Stadion Oepoi yang berlokasi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi saksi lompatan menakjubkan Petrus. Ia berhasil mencatatkan jarak lompatan sejauh 5,51 meter. Hasil ini membawanya masuk ke babak National Championship yaitu perlombaan atletik tingkat nasional. Ia akan bersaing dengan para juara lain dari berbagai daerah.

 

Meski telah menorehkan kemenangan, Petrus sebenarnya takut ia tak mampu menjadi juara. Ia sama sekali tak pernah mengikuti perlombaan lompat jauh. Terlebih ia lebih fokus pada olahraga sepak bola. "Kami hampir tidak ikut. Lalu besoknya dia datang dan saya langsung ajak berlatih," kata Ovand Takain, guru PJOK SMA Sudirman Kupang.

 

Posisi juara kedua ditempati oleh Paul M. Sirlalang dengan jarak lompatan 5,30 meter dan Putra Hermanus Lapuangga dengan jarak lompatan 4,69 meter. Kedua juara ini membawa kebanggaan bagi SMAN 3 Kupang.

 

Baca Juga: 4.018 Pelajar Bersaing di SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers

 

Tiga juara lompat jauh putra SMA ini akan bertarung pada babak National Championship yang akan diselenggarakan di Solo. Mereka akan bersaing dengan regional qualifiers lain pada Januari 2024 untuk merebut gelar Champion SAC.

 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia yang akan diikuti oleh peserta dari sekolah-sekolah di seluruh Bali dan Nusa Tenggara. Kompetisi diselenggarakan pada 26-28 Oktober. Ajang kali ini diikuti oleh 4.018 pelajar dari 191 sekolah.

 

Bali Nusra Qualifiers merupakan kelanjutan dari Sumatera dan West Java Qualifiers. Rangkaian kompetisi SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan pula di Central Java dan Jakarta Banten.

 

Energen Champion SAC Indonesia adalah hasil kerja sama PB PASI dengan DBL Indonesia. Pada kompetisi tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh 31 ribu pelajar dari lebih dari 2.000 sekolah dari seluruh Indonesia.

 

Energen Champion SAC Indonesia akan kembali hadir dengan format kompetisi bertingkat, dimulai dari babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/sederajat akan berkompetisi di tingkat nasional dalam babak National Championship.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: