Polri Siapkan Pengamanan Tiga Lapis Jelang Debat Pertama Capres dan Cawapres

Polri Siapkan Pengamanan Tiga Lapis Jelang Debat Pertama Capres dan Cawapres

Gedung KPU RI di Jalan Imam Bonjol No.29 Menteng Jakarta Pusat -Intan Afrida Rafni/disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Polri telah menyiapkan sejumlah pengamanan jelang debat pertama calon presiden (capres) yang akan digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa besok, 12 Desember 2023.

Wakil Ketua Satuan Tugas (Wakasatgas) Preventif Penyelenggaraan Pemilu, Brigjen Pol Rudi Antariksa menjelaskan nantinya pengamanan dibagi menjadi tiga lapis.

"Teknis pengamanannya, baik di ring 1, ring 2, dan ring 3, termasuk kegiatan yang berada di luar atau di jalur (kendaraan bermotor)," ujar Rudi saat meninjau kesiapan debat di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

BACA JUGA:KPU Sterilisasi Jalan Imam Bonjol Jelang Debat Capres-Cawapres

Rudi mengatakan, personel kepolisian yang dikerahkan merupakan gabungan dari Mabes Polri hingga Polda Metro Jaya.

Diperkirakan, ada 1.200 lebih personel yang akan melakukan pengamanan pada esok hari.

"Jumlahnya dari Mabes nanti ada sekitar 271 (personel), kemudian dari Polda Metro Jaya sekitar 1000-an (personel)," kata Rudi.

Dia memastikan, jumlah tim pengamanan dimaksimalkan menjaga pelaksanaan debat tidak ada kendala.

"Personel yang dikerahkan ini dari Mabes (Polri) kemudian dari Polda Metro Jaya. Ini juga termasuk dari Satgas-satgas yang ada di pusat maupun yang ada di wilayah," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Dia 11 Nama Panelis Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

Dia menegaskan, penerapan 3 lapis pengamanan dilakukan agar pelaksanaan debat pertama untuk 3 capres bisa berjalan dengan lancar.

"Untuk jumlah dari pendukung juga sudah dibatasi, berapa orang, berapa orang, sudah diatur KPU, kita tinggal melaksanakan (pengamanan)," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: