KPU Sterilisasi Jalan Imam Bonjol Jelang Debat Capres-Cawapres

KPU Sterilisasi Jalan Imam Bonjol Jelang Debat Capres-Cawapres

Komisioner KPU RI, August Mellaz mengumumkan 11 nama panelis untuk debat capres-cawapres tahap pertama.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan sterilisasi di sekitar kawasan Kantor KPU RI, tepatnya di sepanjang Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Hal ini diperlukan agar acara debat capres-cawapres yang dilaksanakan di Kantor KPU RI bisa berjalan lancar dan tanpa adanya gangguan, baik dari suara kendaraan maupun aksi para relawan dari masing pasangan calon (Paslon).

"Kita mau sterilisasi jalur depan, Jalan Imam Bonjol itu akan dikosongkan," ujar Komisioner KPU RI, August Mellaz di Kantor KPU RI,Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Ini Dia 11 Nama Panelis Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

"Kalau Jalan Imam Bonjol ini ditutup, maka tidak ada lagi konsentrasi masa di sana," tambahnya.

Adapun KPU sendiri akan bekerja sama dengan pihak kepolisian terkait pengamanan yang berada di luar Kantor KPU hingga pengaturan atau rekayasa lalu lintas.

"Kalau dalam konteks pengamanan yang berada di luar pagar KPU, jadi wilayahnya kepolisian," kata August Mellaz.

"Ya asumsinya itu bukan wilayah KPU. Kalau di dalam pagar atau Gedung KPU ya tentu pengamanan dalamnya KPU," sambungnya 

Sedangkan untuk siapa saja yang bisa melintasi jalur tersebut, KPU akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak keamanan yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Kuota Undangan Debat Capres Cawapres Untuk Timses Bertambah Jadi 75 Orang

"Nanti urusan tamu dan segala macam atau tamu-tamu VIP yang bahwa kendaraan nanti bagaimana, itu semuanya tentu koordinasinya butuh dengan pihak keamanan," imbuhnya.

Diketahui, KPU akan melangsung debat capres-cawapres tahap pertama di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 Desember 2023.

Tema yang diusung pada debat pertama, yaitu tentang pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, dan kerukunan warga.

Nanti debat tahap pertama dengan tema tersebut akan ditujukan langsung untuk para capres dari masing-masing pasangan calon, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: