Ini Peran Guru BK saat Bingung Pilih Prodi dan Jurusan Kuliah

Ini Peran Guru BK saat Bingung Pilih Prodi dan Jurusan Kuliah

Guru BK-Ratusan guru dilibatkan untuk memilih prodi calon mahasiswa-IPB

JAKARTA, DISWAY.ID - Menyambut pelaksanaan mengikuti sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, ratusan guru Bimbingan Konseling (BK) dilibatkan untuk memberikan tips dan trik kepada calon siswa.

Karena itu, hampir 400 guru BK yang hadir berasal dari Jabodetabek, Cianjur, Banten, Bandung dan beberapa daerah lainnya digandeng oleh kampus IPB Dramaga, Bogor.

BACA JUGA:Registrasi Akun SNPMB 2024 Dibuka Hari Ini, Cek Syarat Masuk PTN Jalur SNBP

Sosialisasi SNPMB IPB University dilaksanakan dalam upaya memberikan penjelasan tentang berbagai perubahan yang terjadi dalam sistem penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2024.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Prof Deni Noviana menyambut hangat seluruh guru BK yang hadir dalam sosialisasi tersebut. 

“Kami berharap bapak ibu guru BK dapat mengarahkan siswa siswinya dengan baik dan memberikan pencerahan agar siswa tidak salah memilih tujuan studinya,” ujar Prof Deni dalam keterangan resmi, Senin 8 Januari 2024. 

Lebih lanjut ia menyampaikan pentingnya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan terkait ketentuan seleksi untuk masuk PTN.

Prof Deni menjelaskan, dalam penerimaan mahasiswa baru IPB University menawarkan berbagai program studi (Prodi) pada program sarjana dan program sarjana terapan.

BACA JUGA:Besok, Registrasi Akun SNPMB 2024 untuk Guru dan Siswa Dibuka

Tidak hanya itu Bekti memberikan catatan bahwa panitia pusat telah mempunyai cara khusus untuk mengantisipasi ketika ada lonjakan nilai raport di semester lima dalam pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Kita semua pastinya ingin mengantarkan siswa yang memiliki kemampuan. Oleh karena itu kita harus melalui prosesnya dengan jujur dan tidak melakukan hal yang mencederai proses ini,” tuturnya.

Panitia Pusat SNPMB Bekti Cahyo Hidayanto menjelaskan terkait Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

“Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP maupun SNBT dan siswa telah melakukan registrasi, maka siswa tersebut tidak dapat mendaftar lagi pada seleksi jalur mandiri di PTN lain,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: freepik