Akhirnya Pengganti KH Marzuki Mustamar Terjawab, Cucu Hadratussyekh KH Hasyim Asy`ari Jadi Pj Ketua PWNU Jawa Timur

Akhirnya Pengganti KH Marzuki Mustamar Terjawab, Cucu Hadratussyekh KH Hasyim Asy`ari Jadi Pj Ketua PWNU Jawa Timur

Pj Ketua Tanfidziah PWNU Jawa Timur KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin.-nuonline-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Setelah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberhentikan KH Marzuki Mustamar sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur, akhirnya posisi penggantinya resmi ditunjuk. 

Penunjukan pengganti KH Marzuki Mustamar tersebut dilakukan melalui Rapat Gabungan Syuriah dan Tanfidziyah PBNU.

Jajaran syuriyah dan tanfidziyah PBNU hadir dalam rapat gabungan yang dipimpin langsung Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar juga dihadiri Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

BACA JUGA:Alasan Ketua PWNU Jawa Timur Dicopot Terungkap, KH Marzuki Mustamar: Enggak Usah Geger-Geger

Rapat itu menetapkan Cucu Pendiri NU Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, yakni KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) sebagai Penjabat (Pj) PWNU Jawa Timur. 

“(Rapat gabungan) bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar,” kata Sekjen PBNU Gus Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam keterangan tertulisnya usai rapat gabungan di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Rabu 10 Januari 2024. 

Masa bakti Gus Kikin yaitu hingga diselenggarakannya Musyawarah Wilayah (Muskerwil) PWNU Jawa Timur pada Maret 2024 mendatang.

Diketahui, masa kepengurusan KH Marzuki Mustamar sendiri sebenarnya telah habis masa jabatannya sejak September 2023 yang kemudian mendapatkan SK perpanjangan sementara dari PBNU.

BACA JUGA:Karangan Bunga 'Kekecewaan' Berjejer Buntut Ketua PWNU KH Marzuki Mustamar Dicopot

​​​"Terkait alasan pemberhentian KH Marzuki sekali lagi saya tegaskan ini masalah internal dan telah dianggap memenuhi syarat untuk pemberhentian. Jangan paksa kami membuka alasannya ke publik,” ungkap Gus Ipul.

Pemberhentian KH Marzuki Mustamar merupakan usulan dari Rais Syuriah PWNU Jawa Timur yang ditandatangani langsung oleh KH Anwar Manshur.

“Ketua PWNU diberhentikan sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Di Jawa Timur, KH Ali Maskan Moesa juga pernah diberhentikan dari jabatan Ketua PWNU. Namun saat itu KH Ali Maskan menerima dan bahkan hingga saat ini masih aktif di jajaran Syuriah PWNU Jawa Timur,” jelas Gus Ipul.

Sedangkan alasan penunjukan Gus Kikin, ada beberapa hal.

BACA JUGA:PBNU Disebut Mendadak Copot Ketua PWNU Jawa Timur Marzuki Mustamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: