Tutup Debat Cawapres, Cak Imin Ingatkan Pentingnya Taubat Ekologis, Apa Itu?

Tutup Debat Cawapres, Cak Imin Ingatkan Pentingnya Taubat Ekologis, Apa Itu?

TAMPIL bagus di debat, Muhaimin Iskandar tagih videotron dari pendukungnya. -YouTube KPU-

JAKARTA, DISWAY.ID - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menutup debat keempat dengan ajakan taubat Ekologis. 

 

Menurut Cak Imin, komitmennya dalam pembangunan berkelanjutan harus diiringi dengan niat tulus untuk keberlangsungan lingkungan hidup. 

 

BACA JUGA:Apa Itu Greenflation? Bikin Gibran Disoraki Penonton saat Debat

 

BACA JUGA:Putri Gus Dur Sesalkan Kelakuan Gibran Saat Debat Cawapres, Sikap Jahil Beda Dengan Melecehkan

 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ia meminta semua pihak untuk melakukan 'taubat ekologis' dan tidak 'mengangkangi' aturan.

 

Lantas, apa itu Taubat Ekologis? 

 

Cak Imin mengambil contoh jika dalam pembangunan berkelanjutan seharusnya semua pihak harus dilibatkan seperti nelayan, masyarakat adat, petani hingga seluruh kelompok rentan. 

 

Sehingga pembangunan itu tak mengancam keberlangsungan hajat hidup orang banyak karena menghormati etika lingkungan. 

 

BACA JUGA:Program Bagi-bagi Sertifikat Tanah Era Jokowi Dislepet Cak Imin: Itu Beda dengan Redistribusi Tanah

 

BACA JUGA:Cak Imin Langsung Ngegas di Debat, Kutip Pepatah Kiai Hasyim Asy'ari: Pemerintah Abai dengan Nasib Petani

 

"Telah nyata kerusakan di darat dan laut karena tangan manusia, bahkan Paus Fransiskus mengingatkan posisi kita agak rawan, masa depan kita, bahwa kita harus melakukan tobat ekologis," kata Cak Imin saat menutup Debat Cawapres Keempat, Minggu 21 Januari 2024.

 

Cak Imin menyebut, pentingnya mengutamakan etika lingkungan dalam merencanakan pembangunan. Hal tersebut agar tak ada aturan yang dilanggar dan menjadi masalah di kemudian hari. 

 

"Etika lingkungan, etika pembangunan jangan ugal-ugalan, jangan ngangkangi aturan, jangan sembrono, ojo sak karepe dewe," sambungnya.

 

BACA JUGA:Mahfud Lempar Masalah Masyarakat Tidak Mau Jadi Petani ke Cak Imin: Pupuk Harus Beli ke Tengkulak

 

BACA JUGA:Food Estate Terbukti Gagal Akibat 'Kualat' Abaikan Petani, Cak Imin: Harus Dihentikan!

 

Untuk itu, ia berjanji apabila dirinya bersama Anies Baswedan terpilih menjadi presiden, Pasangan AMIN akan sungguh-sungguh mengatasi permasalahan lingungan dengan cara jitu. 

 

"Anggaran krisis iklim kita tingkatkan signifikan termasuk riset implementasi energi baru terbarukan, kita sahkan RUU masyarakat adat secepatnya, dana subsidi atau dana masyarakat desa kita tingkatkan Rp 5 miliar per tahun agar warga desa bisa menikmati pembangunan," jelasnya.

 

Selain itu, Cak Imin berjanji akan melanjutkan pemberian subsidi BBM untuk masyarakat miskin, petani dan kelompok rentan. Tak hanya itu, Cak Imin mendorong penggunaan transportasi publik berbasis baterai untuk mengatasi permasalahan polusi, dan eksekusi reforma agraria untuk memangkas ketimpangan.

 

"Saatnya kita berubah saatnya kita pilih perubahan," tutup Cak Imin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: