Juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Akan Jalani Training Camp di Tiongkok

Juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Akan Jalani Training Camp di Tiongkok

Para Champion SAC saat melakukan victory ceremony, di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada 20 Januari 2024-sacindonesia.com-sacindonesia.com

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship 2023 resmi usai pada Sabtu, 20 Januari 2024, di Stadion Sriwedari, Solo. Sebanyak 16 pelajar peraih juara dalam kompetisi ini akan mendapat reward spesial. Mereka akan diberangkatkan ke Shanghai, Tiongkok, untuk menjalani training camp

Reward berupa training camp tersebut diumumkan oleh Azrul Ananda selaku Founder dan CEO DBL Indonesia di closing ceremony National Championship 2023. Menurutnya, training camp tersebut akan mengasah kemampuan atletik para juara SAC Indonesia. 

Tiongkok saat ini menjadi salah satu negara unggul di bidang olahraga atletik. Atlet dengan nama besar seperti Guo Fan (sprinter) dan Yin Annuo (long distance runner), semuanya berasal dari Tiongkok. Tak heran negara ini sampai disebut sebagai salah satu negara atletik terkuat saat ini. 

"Kalau tahun lalu ke Australia, InshaAllah mereka akan ke Shanghai di bulan April. Jadi nanti kita upayakan di sana ada program edukasi," kata Azrul Ananda. 

Baca Juga: SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, Banyumas Pecah Rekor Tiga Kali di National Championship

Training camp ke luar negeri adalah salah satu program yang konsisten dijalankan DBL Indonesia untuk liga yang diselenggarakan. Konsep ini telah lama dijalankan oleh DBL melalui program DBL Camp.

Di program tersebut, pelajar yang mumpuni di basket akan diseleksi. Yang terbaik akan menjadi skuad elite DBL All Star. Skuad ini dibawa ke Amerika Serikat untuk belajar lebih dalam tentang basket. 

"Para juara ini memang mendapat hadiah untuk pengalaman di luar negeri. Entah itu berkompetisi, entah itu berlatih ataupun edukasional maupun rekreasi," lanjut Azrul Ananda. 

Di waktu yang sama para skuad Champion SAC pergi ke Shanghai, Tiongkok, kota tersebut akan menjadi tuan rumah untuk salah satu dari dua seri Diamond League. Yaitu kompetisi atletik terakbar di dunia. Bintang atletik sekelas Noah Lyles, Ryan Crouser hingga Mondo Duplantis punya riwayat kompetisi besar di Diamond League. 

Baca Juga: 3 Rekor Pecah! Ini Hasil Keseluruhan National Championship 2023

Tigor Tanjung, Sekjen PB PASI, juga berpendapat bahwa pemilihan Shanghai, Tiongkok sebagai lokasi training camp adalah karena fasilitas pengembangan olahraga Tiongkok yang terkenal mumpuni. 

"Tempat latihan bagus, pertandingan bagus, pengembangan olahraga atletiknya juga bagus dan semoga anak-anak negeri kita bisa lebih tertarik pada atletik," ujar Tigor.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerja sama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia diikuti oleh 31.215 pelajar dari lebih 2.135 sekolah di sembilan regional qualifiers di musim perdana. 

Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan mampu untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sac indonesia