Pemilu 2024, Gen Z Ternyata Bisa Berubah Pilihan Detik-Detik Menuju TPS

Pemilu 2024, Gen Z Ternyata Bisa Berubah Pilihan Detik-Detik Menuju TPS

Gen Z-Pemilih pemula bisa berubah pilihan menjelang pencoblosan-KPU

JAKARTA, DISWAY.ID - Para calon dan kandidat dalam Pilpres dan Pemilu 2024 menyasar Gen Z sebagai sasaran pemilih pemula yang paling potensial.

Apalagi ini menjadi peluang yang pertama ikut pemilu sebagai pemilih pemula.

Pasalnya, Gen Z masih labil dan bisa goyah atau berubah pikiran detik-detik menjelang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Hal itu diungkap dalam survei Jakpat dengan 1276 responden untuk mengetahui perspektif masyarakat terhadap aktivitas kampanye saat ini.

Head of Research Jakpat, Aska Primardi mengatakan responden mendapatkan informasi mengenai aktivitas kampanye yang sedang berlangsung dari sumber yang berbeda.

BACA JUGA:Mayoritas Masyarakat Tak Suka Kampanye Pemilu Lewat Spanduk dan Baliho

TV dan radio (53%) menjadi sumber yang paling banyak dipilih oleh Gen X, sedangkan bagi Gen Z dan Milenial yang paling banyak menggunakan media digital dan media sosial, informasi bersumber dari Instagram dan TikTok. 

Aska Primardi menjelaskan jika situasi kampanye saat ini dinilai berbeda oleh setiap kelompok pemilih.

Bagi Gen Z, pemilu 2024 ini adalah pengalaman pertama mereka terlibat dan menggunakan hak pilih, sehingga wajar jika mayoritas Gen Z belum memiliki keputusan final tentang siapa calon yang akan dipilih.

Terlebih lagi mayoritas Gen Z lebih memilih media TikTok (51%) sebagai sarana mengenal calon presiden dan calon legislatif, di mana di dalamnya ada banyak perdebatan yang mereka perhatikan.

Inilah sebabnya mereka mayoritas masih galau dalam menentukan pilihannya. 

“Berbeda halnya dengan Gen X yang mayoritas sudah memutuskan siapa calon yang dipilih, karena memang Gen X sudah belajar dari pengalaman dan pengetahuan sebelumnya tentang para calon presiden ataupun calon legislatif. Mayoritas Gen X lebih memilih media konvensional seperti TV dan radio sebagai sumber informasi kampanye, dan mereka menilai bahwa situasi kampanye saat ini masih damai dan kondusif,” katanya dalam keterangan resmi. 

BACA JUGA:Sambangi Tiga Tokoh Lintas Agama, Kaops Polri Minta Ajak Masyarakat Jaga Persatuan Jelang Pemilu 2024

Menurutnya, dengan demikian, wajar jika Gen Z menjadi sasaran utama para caleg dan parpol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jakpat