Arab Saudi Izinkan Konser Musik Undang Musisi Dunia, Aturan Alkohol Ketat Tetap Berlaku

Arab Saudi Izinkan Konser Musik Undang Musisi Dunia, Aturan Alkohol Ketat Tetap Berlaku

Konser di Arab Saudi-Festival Al Balad Jeddah ramai dan gemerlap-Al Monitor

JAKARTA, DISWAY.ID - Arab Saudi semakin terbuka. Gemerlap dan suasana musik yang begitu hidup membuat para pengunjung berkumpul di lantai dansa di pintu gerbang Saudi ke Mekkah.

Mereka datang ke Jeddah, menyaksikan rapper Ty Dolla $ign konser bersama musisi lainnya. 

"Di mana gadis-gadis seksi itu?" kata pria Amerika berusia 41 tahun berambut gimbal (nama asli: Tyrone William Griffin Jr) berteriak ke mikrofon saat tampil di festival musik Balad Beast seperti dikutip dari Al Monitor.

Hal ini merupakan pemandangan yang mengejutkan di Arab Saudi yang konservatif.

Negara ini pertama kali mengizinkan festival campuran berskala besar sekitar lima tahun yang lalu. 

Meski begitu, Arab Saudi tetap menerapkan kebijakan larangan alkohol yang ketat.

BACA JUGA:Kota Jeddah Disulap Jadi Penuh Gemerlap Malam, Balad Beast Tarik Jutaan Wisatawan ke Arab Saudi

Namun penampilan Ty Dolla $ign di lingkungan tertua di Jeddah, yang dikenal sebagai Al-Balad, bersama seniman seperti Wu-Tang Clan dan Major Lazer menggarisbawahi upaya untuk memperbarui situs Warisan Dunia UNESCO, memperluas daya tariknya bagi generasi muda Saudi dan orang asing.

Berdasarkan Visi 2030, Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk mengembangkan ekonomi di negara pengekspor minyak mentah terbesar di dunia itu.

Pihak berwenang menargetkan 3.000 kamar hotel baru di Al-Balad sebagai upaya mereka untuk menarik jutaan wisatawan lagi.

Selain acara seperti Balad Beast, area seluas 2,5 kilometer persegi (hampir satu mil persegi) ini juga sedang diubah dengan banyaknya kafe, museum, ruang pertunjukan, dan lokakarya untuk seniman dan pengrajin.

Penduduk Jeddah mengakui adanya kekhawatiran mengenai perubahan di lingkungan mereka yang sangat terkait dengan ibadah haji tahunan dan pasar tradisional Ramadan.

Namun hal itu sulit didapat dari kerumunan ravers yang memadati empat panggung di Balad Beast, beberapa di antaranya dengan cat wajah berkilauan dan glow stick. 

“Setiap kali saya datang ke Saudi, selalu ada suasananya,” kata Ty Dolla $ign.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: al monitor