Kemenag Lagi Cari Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi 2024, Mahasiswa Merapat!

Kemenag Lagi Cari Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi 2024, Mahasiswa Merapat!

Ilustrasi PPIH Arab Saudi bidang kesehatan.-kemenkes RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Agama (Kemenag) sedang mencari tenaga pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Seleksi untuk tenaga pendukung PPIH Arab Saudi 2024 tersebut sekaligus melengkapi proses Seleksi PPIH, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang sudah dilaksanakan Kemenag.

Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi terdiri atas para mahasiswa Indonesia yang kuliah pada sejumlah perguruan tinggi di negara Timur Tengah dan warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi.

BACA JUGA:Kemenag Seleksi Petugas Haji, 26 Februari 2024 Diumumkan Hasilnya

Sedangkan skema penyelenggaraan seleksinya, dibahas bersama dalam Rapat Koordinasi Rekrutmen Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Rakor yang digelar secara daring ini diikuti, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat, Kasubdit Bina Petugas Haji Hanif, Kasubdit Data dan Sihdu Hasan Affandi, Perwakilan KBRI negara-negara di Timur Tengah (Saudi Arabia, Mesir, Yordania, Tunisia, Maroko, Yaman, UEA, Syria, Libya, Libanon), serta pengurus Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) negara-negara di Timur Tengah.

“Kita akan segera laksanakan seleksi Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi. Insya Allah pendaftaran akan dibuka dalam waktu dekat ini, pada awal Februari 2024,” terang Dirjen PHU Hilman Latief di Jakarta, Selasa 30 Januari 2024.

Hilman Latief mengatakan, Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi termasuk unsur petugas yang sudah tercantum dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 dan bertugas di Arab Saudi.

BACA JUGA:Jokowi Puji Kreasi GP Ansor Kongres XVI di Atas Kapal Laut

“Seleksi Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi akan dilakukan secara transparan dan akuntatabel. Tujuan seleksi untuk memilih para petugas yang profesional dan berkompeten,” lanjutnya.

Direktur Bina Haji Arsad Hidayat menambahkan, pihaknya sengaja menggelar rapat koordinasi dengan perwakilan KBRI dan PPMI di masing-masing negara Timur Tengah untuk memastikan proses rekrutmen berjalan dengan baik. Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui Pusaka Superapps dengan menu ‘Pendaftaran Petugas Haji’.

“Pendaftaran segera dibuka. Insya Allah tes akan digelar pada 20 Fabruari 2024,” sebut Arsad.

“Seleksi menggunakan CAT (Computer Assested Test) dan wawancara pendalaman bidang tugas. Sistem CAT ini dalam upaya digitalisasi seleksi petuga haji. Keduanya akan dilakukan secara online,” sambungnya.

BACA JUGA:Aiman Witjaksono Ajukan Praperadilan terkait Penyitaan HP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: