Ini Jadwal Awal Puasa Bulan Ramadan 2024, Ikut Pemerintah atau Muhammadiyah?

Ini Jadwal Awal Puasa Bulan Ramadan 2024, Ikut Pemerintah atau Muhammadiyah?

Ilustrasi. Awal puasa di bulan Ramadan 2024 diperkirakan akan terjadi perbedaan antara pemerintah dan Muhammadiyah-Foto/Freepik-

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu? Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar."

Sehingga umat muslim seharusnya dapat fokus dan mengincar malam 21, 23, 25, 27 hingga 29 Ramadhan.

Hal ini berdasarkan kabar yang dirawayatkan oleh Abu Sa'id Al-Khudri yang menyebut malam Lailatul Qadar bisa terjadi di malam 21 Ramadhan.

Menurut riwayat Abdullah bin Unai, malam Lailatul Qadar bisa terjadi pada malam 23 Ramadhan.

Sedang riwayat yang disampaikan Ubadah bin Ash-Shamit, Nabi Muhammad pernah memerintahkan untuk mencari malam Lailatul Qadar di malam 25, 27 hingga 29.

Sedang menurut riwayat Mu'awiyah, Lailatul Qadar terjadi di malam 27 Ramadhan.

Ibu Hajar Al Asqolani, salah satu Imam besar Madzhab Imam Syafi'i dalam buku Bulugul Marom hadits no. 705 membawakan hadist riwayat sahabat Mu'awiyah, mengatakan:

وَعَنْ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا, عَنْ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ: – لَيْلَةُ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ – رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَالرَّاجِحُ وَقْفُهُ.

وَقَدْ اِخْتُلِفَ فِي تَعْيِينِهَا عَلَى أَرْبَعِينَ قَوْلًا أَوْرَدْتُهَا فِي ” فَتْحِ اَلْبَارِي “

Dari Mu’awiyah bin Abu Sufyan radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau berkata mengenai lailatul qadar itu terjadi pada malam ke-27. Diriwayatkan oleh Abu Daud. Namun pendapat yang kuat, hadits ini mauquf, yaitu hanya perkataan sahabat. Para ulama berselisih mengenai tanggal pasti lailatul qadar. Ada 24 pendapat dalam masalah ini yang dibawakan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari.

Jadwal Awal Ramadhan versi Pemerintah

Lantas kapan jadwal awal Ramadhan 2024 di Indonesia?

Melansir laman Kementerian Agama (Kemenag) RI, awal Ramadhan atau puasa diperkirakan akan terjadi pada 12 Maret 2024.

Adapun hari raya Idul Fitri 1 Syawwal 1445 Hijiriah, diperkirakan akan terjadi pada 10 April 2024. Berikut jadwal lengkapnya;

Awal Puasa Ramadhan 1 Ramadhan 1445 H: Selasa, 12 Maret 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: