Dilantik Jokowi, AHY Lapor Jadi Menteri ATR/BPN ke Prabowo dan Direstui SBY

Dilantik Jokowi, AHY Lapor Jadi Menteri ATR/BPN ke Prabowo dan Direstui SBY

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat dilantik sebagai Menteri ATR/Kepala BPN oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, jakarta.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

Bersama AHY, Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

AHY dilantik untuk menggantikan Hadi Tjahjanto. Sedangkan Hadi Tjahjanto dilantik untuk menggantikan posisi Mahfud MD yang mengundurkan diri dalam rangka maju menjadi Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2024 lalu. 

BACA JUGA:Momen Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto Sebagai Menkopolhukam

Pelantikan kedua menteri baru tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu 21 Februari 2024 pada pukul 11.00 WIB.

Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.

Kepres dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Kemudian, Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono, yang juga dilantik.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Hadi.

BACA JUGA:Kala AHY Menghadap Prabowo Jelang Dilantik Jokowi, Golkar dan PAN Full Suport

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," imbuhnya.

Adapun sejumlah pejabat turut hadir dalam pelantikan Hadi dan AHY antara lain Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung RI ST Burhanuddin.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Sebelum pelantikan, AHY datang bersama dengan istri Annisa Yudhoyono dan anak Almira Tunggadewi Yudhoyono pada pukul 10.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: