Siap Tangkal Panas Dalam dan Emosi saat Puasa Ramadan 2024, Ikuti Tips Ini

Siap Tangkal Panas Dalam dan Emosi saat Puasa Ramadan 2024, Ikuti Tips Ini

Ilustrasi Puasa Ramadan-Tips mengatasi panas hati dan panas dalam-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba.

Siap-siap menghadapi ancaman panas dalam yang seringkali menyerang selama bulan Ramadan. 

Bulan yang penuh berkah ini memberikan kesempatan umat Muslim untuk beribadah dan mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, salah satunya dengan berpuasa. 

Namun, ada saja tantangan dan godaan yang harus kita dihadapi.

Salah satunya adalah emosi yang tiba-tiba muncul.

Emosi ini ternyata bukan tanpa sebab, seorang pakar perilaku nafsu makan sekaligus profesor psikologi di Reed College, Paul Currie mengatakan perut kosong bisa menyebabkan kadar gula darah menurun sehingga memicu pelepasan hormon kortisol dan adrenalin yang menyebabkan seseorang menjadi lebih emosional. 

Selain itu, kondisi cuaca yang semakin panas juga memberikan tantangan tersendiri, terlebih saat berpuasa.

Terakhir, tentunya godaan makan makanan berminyak dan minuman manis, seperti gorengan, hingga minuman yang dingin dan manis, yang kebanyakan dianggap sebagai self-reward setelah seharian berpuasa.

BACA JUGA:Puasa Sunnah Nisfu Syaban Kapan? Simak Jadwal dan Bacaan Niatnya di Sini

Padahal jika dikonsumsi secara berlebih, akan menimbulkan gejala panas dalam, radang tenggorokan hingga masalah pencernaan. 

Untuk mengatasi tiga tantangan & godaan tersebut, berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menjadi “Teman Pas Lawan Panas” saat berpuasa seperti dalam keterangan resmi Larutan Cap Kaki Tiga. 

Lawan Hati Panas 

Berolahraga ringan selama berpuasa dapat menjaga stabilitas emosi, di mana saat berolahraga hormon endorfin dapat terpicu dan tubuh menjadi segar.

Selain itu, kita juga bisa mengelola hati yang panas melalui ibadah seperti membaca Al-Qur'an, salat, atau berdzikir yang mana sesuai dengan anjuran para ulama, yaitu untuk memperbanyak ibadah di bulan puasa agar menambah pahala dan tentunya menjaga emosi (lawan hati panas).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: