Hari Ini Tahun Kabisat 29 Februari 2024, Ini Makna 366 Hari dalam Setahun

Hari Ini Tahun Kabisat 29 Februari 2024, Ini Makna 366 Hari dalam Setahun

Tahun Kabisat 2024-Hari ini tahun kabisat 29 Februari 2024-Freepik

Ini disebut tahun tropis dan dimulai pada ekuinoks bulan Maret.

Namun kalender Masehi hanya mempunyai 365 hari dalam setahun.

Jika kita tidak menambahkan hari kabisat pada tanggal 29 Februari hampir setiap empat tahun, setiap tahun kalender akan dimulai sekitar 6 jam lebih awal sehubungan dengan revolusi Bumi mengelilingi Matahari (lihat ilustrasi).

Sebagai konsekuensinya, penghitungan waktu kita perlahan-lahan akan menjauh dari tahun tropis dan semakin tidak sinkron dengan musim.

Dengan penyimpangan sekitar 6 jam per tahun, musim akan bergeser sekitar 24 hari kalender dalam 100 tahun.

Biarkan hal ini terjadi untuk sementara waktu, dan penduduk Belahan Bumi Utara akan merayakan Natal di tengah musim panas dalam beberapa abad mendatang.

Hari kabisat memperbaiki kesalahan tersebut dengan memberi Bumi waktu tambahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu lingkaran penuh mengelilingi Matahari.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, Cek Di Sini!

Siapa Penemu Tahun Kabisat?

Tahun kabisat dalam kalender barat pertama kali diperkenalkan lebih dari 2000 tahun yang lalu oleh jenderal Romawi Julius Caesar.

Kalender Julian , yang dinamai menurut namanya, hanya memiliki satu aturan: setiap tahun yang habis dibagi empat akan menjadi tahun kabisat.

Rumus ini menghasilkan terlalu banyak tahun kabisat, menyebabkan kalender Julian menyimpang dari tahun tropis dengan laju 1 hari per 128 tahun.

Hal ini tidak diperbaiki sampai diperkenalkannya kalender Gregorian lebih dari 1500 tahun kemudian, ketika beberapa hari dilewati untuk menyelaraskan kembali kalender kita dengan musim.

Tahun kabisat tidak datang tiap tahun, maka ini yang membuat momen ini menjadi unik dan penting. 

Gimana menurut Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: time and date