Erick Thohir Cek Langsung Tol Pacin, Padang-Bukittinggi Kini Cukup 1 Jam

Erick Thohir Cek Langsung Tol Pacin, Padang-Bukittinggi Kini Cukup 1 Jam

Menteri BUMN Erick Thohir-Cek langsung tol Pacin Padang-Bukittinggi-Sabrina Hutajulu

JAKARTA,DISWAY.ID - Menteri BUMN Erick Thohir meninjau proyek jalan tol Padang – Sicincin (Pacin), Rabu 6 Maret 2024. 

Kini pengemudi dari Padang ke Bukittinggi cukup 1 jam saja. 

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan progres pembangunan jalan tol berjalan sesuai dengan timeline dan kualitas mutu yang sudah direncanakan.

"Saya ingin menegaskan pentingnya turun langsung ke lapangan untuk mengawasi dan mengontrol proyek pembangunan. Terlebih proyek ini merupakan fasilitas penting guna memastikan pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Hadirnya jalan tol akan ditandai dengan peningkatan pemakaian listrik, adanya pertumbuhan industri atau tempat tinggal seperti di jalan tol yang telah tersambung di Sumatera,” ujar Erick. 

BACA JUGA:Ngeri, Papan Penunjuk Arah Jalan Tol Pamulang-Cinere Roboh Diterpa Angin Kencang

Dirinya menambahkan, pembangunan jalan tol ini pasti akan meningkatkan multiplier effect pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat, dan juga mampu menyerap tenaga kerja.

Dalam kunjungannya, Menteri BUMN juga mengapresiasi kinerja Hutama Karya dalam pengerjaan tol Pacin yang sesuai dengan mutu yang baik.

Jalan tol Padang – Sicincin memiliki panjang 36,6 km, dengan total nilai investasi Rp9,8 triliun. 

BACA JUGA:Mobil Ketua LD PBNU Kecelakaan di Jalan Tol, Sopir Meninggal

Hingga Maret 2024, progres pembangunan fisik proyek jalan tol Padang – Sicincin telah mencapai 55,43%, dengan progres pengadaan lahan yang terus berjalan dengan persentase sebesar 93,86%.

Sementara itu, Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto menyampaikan, pembangunan jalan Tol Pacin dipastikan akan bisa difungsikan tepat waktu.

“Jalan tol ini insya allah akan kita fungsionalkan pada bulan Juli mendatang. Dengan penggunaan sejumlah teknologi digitalisasi konstruksi seperti implementasi Building Information Modelling (BIM) dari mulai proses desain hingga konstruksi kita harapkan dapat tuntas seluruhnya pada kuartal III tahun ini,” ujar Budi Harto.

Lebih lanjut, Budi Harto menjelaskan, jalan tol ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas diantaranya 3 gerbang tol, 1 pasang Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) Tipe A pada STA 22+000, dan sejumlah bangunan persilangan seperti 8 jembatan sungai, 2 jembatan irigasi, dan 14 jembatan underbridge.

Jalan tol ini juga akan dilengkapi dengan jumlah lajur 2x2, dengan kecepatan rencana 80 km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: