Pesawatnya Berputar-putar Selama 5 Jam di Langit Binjai, Lion Air Buka Suara: 'Aman, Sambil Tunggu Langit Srilangka Dibuka!'

Pesawatnya Berputar-putar Selama 5 Jam di Langit Binjai, Lion Air Buka Suara: 'Aman, Sambil Tunggu Langit Srilangka Dibuka!'

Pesawatnya Berputar-putar Selama 5 Jam di Langit Binjai, Lion Air Buka Suara: 'Aman, Sambil Tunggu Langit Srilangka Dibuka!'-X/@AndyVermaut-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pihak maskapai penerbangan Lion Air buka suara terkait malasah pesawatnya yang berputar-putar di langit kota Binjai selama 5 jam pada Senin 11 Maret 2024.

Diketahui pesawat Lion Air itu bernomor penerbangan JT-106 dari Surabaya menuju Jeddah, Arab Saudi. 

Pesawat yang mengangkut penumpang untuk kepentingan ibadah umrah itu melakukan pengalihan pendaratan ke Bandar Udara Internasional Kualanamu. 

BACA JUGA:Fakta Pesawat Lion Air JT-106 Berputar-putar 5 Jam di Langit Binjai, Otoritas Sri Lanka Larang Akses Udara

Menurut Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro hal tersebut untuk merupakan pengalihan pendaratan karena adanya perubaha waktu dari otoritas Sri Langka yang sedang menutup wilayah udaranya.

"Hal ini dilakukan karena adanya perubahan waktu berlakunya pemberitahuan resmi (NOTAM) dari otoritas di Sri Lanka yang menyatakan penutupan sementara wilayah udara di sana,” ujar Danang dalam keterangannya, Senin 11 Maret 2024.

BACA JUGA:Sempat Berputar-putar 5 Jam di Langit Binjai, Pesawat Lion Air Rute Surabaya-Jeddah Berpenumpang Jemaah Umrah Mendarat di Kualanamu

“Pengalihan pendaratan ke bandar udara alternatif merupakan prosedur standar dalam operasional penerbangan yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan," jelasnya.

Danang kembali menegaskan, pendaratan di bandar udara alternatif ini bukan disebabkan oleh masalah teknis pada pesawat. 

Sebelum mendarat, pesawat melakukan holding (terbang mengelilingi) di udara untuk beberapa waktu dengan tujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar.

"Hal ini adalah langkah yang diambil agar pendaratan sesuai dengan limitasi pesawat (berat pesawat saat melakukan pendaratan),” tegas Danang. 

BACA JUGA:Tertarik Ikut Pendidikan Pramugari Lion Air? Begini Cara Daftarnya, GRATIS Terbaru 2024!

“Setelah mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, rencananya pesawat akan melanjutkan penerbangannya menuju Jeddah setelah bandar udara di Colombo, Sri Lanka, dibuka kembali dan dianggap aman untuk dilayani," terangnya.

Danang memastikan, penerbangan pesawat JT-106 rute Surabaya-Jeddah dipastikan aman dan tak ada insiden apapun. Pihaknya memastikan bahwa Lion Air mentaati seluruh prosedur keselamatan awak dan penumpang pesawat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Seputaran Binjai (@seputaran.binjai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: