Pengamat Nilai Layanan Aduan Melalui Medsos yang Digagas Bupati Dico akan Dekatkan Diri dengan Rakyat

Pengamat Nilai Layanan Aduan Melalui Medsos yang Digagas Bupati Dico akan Dekatkan Diri dengan Rakyat

Layanan aduan via medsos Dicomendengar yang digagas Bupati Kendal Dico Ganinduto diapresiasi banyak pihak-Dok. Tim Dico Ganinduto-

JAKARTA, DISWAY.ID - Inovasi yang dilakukan Bupati Kendal Dico Ganinduto mendapat apresiasi dari berbagai pihak. 

Kali ini, suami Chacha Frederica itu membuat kanal aduan untuk selalu mendengarkan aspirasi dan aduan masyarakat. 

BACA JUGA:Tips Simpel Memilih Menu Buka Puasa, dr Zaidul Akbar: Kurma Dicocol Mentega, Efeknya Luar Biasa!

BACA JUGA:Bursa Pilgub Jawa Tengah Makin Ketat, Pengamat Sebut Dico Ganinduto Unggul di Sejumlah Survei Berkat Kinerjanya di Kendal

Salah satunya melalui akun Instagram @dico.mendengar dan nomor WhatsApp 08112717101, di mana masyarakat dapat langsung menyalurkan keluhannya ke Bupati berusia 34 tahun itu.

Pengamat Politik Adi Prayitno mengapresiasi langkah Bupati Dico yang memanfaatkan platform media sosial dalam menjalankan pemerintahannya. 

"Bagus dan sangat inovatif. Layak diapresiasi karena Dico melakukan manuver politik dengan memanfaatkan medsos sebagai instrumen menampung aspirasi rakyat," kata Adi kepada wartawan, Senin 25 Maret 2024.

BACA JUGA:Kinerja Dico Berhasil Dongkrak Nilai Perekonomian dan Investasi Kabupaten Kendal

Menurutnya, di tengah dunia digital yang kian menjangkau semua lapisan rakyat hingga level akar rumput, aduan aspirasi rakyat berbasis media online merupakan langkah yang baik.

"Itu artinya Dico sebagai kepala daerah ingin semakin lebih dekat dengan rakyatnya tanpa sekat administratif apapun," kata dia.

Sementara itu, Pakar Strategic Communication Mass, Tuhu Nugraha menilai bahwa langkah yang dilakukan Dico memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dengan stakeholders.

Selain, menurutnya inovasi tersebut sangatlah baik sesuai dengan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2008.

BACA JUGA:Tampung Kreativitas dan Cerdaskan Anak-anak, Cara Bupati Dico Melalui Perpusda Kendal Diapresiasi Pengamat Pendidikan

"Ini sebenarnya inovasi yang sangat baik sesuai dengan mandat UU KIP tahun 2008. Ini akan memudahkan masyarakat berinteraksi dengan stakeholders," kata Tuhu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: