Bursa Pilgub Jawa Tengah Makin Ketat, Pengamat Sebut Dico Ganinduto Unggul di Sejumlah Survei Berkat Kinerjanya di Kendal

Bursa Pilgub Jawa Tengah Makin Ketat, Pengamat Sebut Dico Ganinduto Unggul di Sejumlah Survei Berkat Kinerjanya di Kendal

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto bersama istrinya, Chacha Frederica-Instagram dicoganinduto-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang digelar kurang lebih 8 bulan lagi memunculkan sejumlah nama bakal calon.

Usai massa dua periode Ganjar Pranowo, nama-nama beken bursa calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada serentak 2024 termasuk Bupati Kendal Dico Ganinduto

BACA JUGA:Kinerja Dico Berhasil Dongkrak Nilai Perekonomian dan Investasi Kabupaten Kendal

BACA JUGA:Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan di Kendal, Pengamat Sebut Kinerja Bupati Dico Layak Diapresiasi

Nama Dico Ganinduto makin moncer dan digadang sebagai kandidat kuat untuk merebut kursi orang nomor satu di Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan nama Dico kerap masuk 5 besar di sejumlah survei sebagai kandidat yang potensial untuk bertarung dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 di Jawa Tengah mendatang. 

Menyikapi tren positif Dico, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi Indonesia (LPMII) Kamilov Sagala pun angkat bicara. 

Berkaca dari hasil sejumlah survei saat ini, elektabilitas Dico terdongkrak berkat efek Pilpres 2024 di mana adanya tren pergeseran dukungan. Survei itu menyebut ada faktor elektoral yang tadinya memilih politisi senior dan berumur, sekarang ke politisi anak muda namun sudah memiliki bukti kerja nyata. 

“Pilpres 2024 juga menjadi trigger bahwa anak muda bisa menjadi pemimpin di Jawa Tengah. Contohnya Dico Ganinduto, anak muda yang memiliki kapasitas bahkan bisa mengikuti jejak Emil Dardak sebagai benchmark jika anak muda bisa memimpin suatu daerah dengan aksi dan kerja yang nyata,” kata Kamilov, Rabu 13 Maret 2024. 

BACA JUGA:Tampung Kreativitas dan Cerdaskan Anak-anak, Cara Bupati Dico Melalui Perpusda Kendal Diapresiasi Pengamat Pendidikan

Kamilov mengatakan, jika melihat komposisi geografi dan sosial budaya politik, posisi Dico diprediksi akan menguasai suara di Utara dan Selatan Jawa Tengah. 

“Kalau melihat komposisi geografi politik yang dulunya berwarna merah, kini pasca-Pilpres 2024 diprediksi akan ada perubahan, posisi suara anak muda seperti Dico akan sangat besar menguasai wilayah Utara dan Selatan, khususnya suara para nelayan,” kata dia. 

Sementara untuk wilayah tengah, lanjut Kamilov, maka Dico perlu kerja ekstra mendapatkan suara dari para sesepuh maupun kyai. Hal ini dikarenakan pemilih di wilayah tersebut cenderung lebih mendengarkan apa kata para sesepuh maupun tokoh NU dan Muhammadiyah. 

“Kehadiran anak muda seperti Dico untuk berkompetisi di Pilgub Jateng bisa jadi hal yang harus diperhitungkan para kandidat lainnya. Karena Dico sudah unjuk gigi dengan bukti kerja nyata selama menjabat Bupati Kendal,” katanya. 

BACA JUGA:Sosok Bupati Kendal Dinilai Pengamat Jadi Role Model Good Governance, Layak Maju Calon Gubernur Jateng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: