Evaluasi Tanggul Dituntut, Upaya Cegah Peristiwa Jebol Tanggul HEK

Evaluasi Tanggul Dituntut, Upaya Cegah Peristiwa Jebol Tanggul HEK

Banjir mengenang di Perempatan HEK Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin 25 Maret 2024-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian, mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengevaluasi kondisi seluruh tanggul di ibu kota. 

Tuntutan ini dilontarkan guna mengantisipasi kemungkinan terulangnya peristiwa jebolnya tanggul HEK di wilayah lain.

BACA JUGA:Kondisi Terkini Tanggul Kali Hek Kramat Jati yang Jebol Tadi Pagi

"Perlu dicek apakah ada hunian liar sepanjang tanggul, karena tanggul bukan untuk menopang bangunan," katanya di Gedung DPRD DKI pada Kamis 28 Maret 2024.

Ia menekankan perlunya tindakan penertiban terhadap bangunan liar yang berdiri di atas tanggul, yang dapat menghambat proses pengerukan saat sedimentasi lumpur meninggi.

BACA JUGA:Pengalihan Jalur TransJakarta Dampak Tanggul Kali Hek Jebol

Menurutnya, penindakan terhadap hunian liar harus dilakukan sebagai solusi konkret untuk mengatasi masalah banjir di Jakarta. 

"Kita tidak bisa hanya berharap dengan langkah-langkah biasa. Jaringan mikro atau got kita memiliki sedimentasi yang buruk, dan banyak warga yang telah membangun di atasnya," tambahnya.

Justin juga menyoroti urgensi Pemerintah Provinsi untuk mengambil langkah-langkah tegas dalam menertibkan hunian liar di atas tanggul atau bantaran sungai. 

BACA JUGA:Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Perbaiki Tanggul Jebol di Demak, Target Selesai Hari Ini

"Ini saatnya, karena Jakarta betul-betul sakit. Hampir semua permasalahan di DKI Jakarta, termasuk banjir, sampah, dan kemacetan, disebabkan oleh buruknya tata ruang," pungkasnya.

(Fajar Ilman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: