Tips Perjalanan Arus Balik Untuk Pengendara Roda Dua

Tips Perjalanan Arus Balik Untuk Pengendara Roda Dua

perawatan sepeda motor di bengkel.-Candra Pratama/Carep-

"Kelistrikan harus berfungsi semua karena kelistrikan itu adalah alat komunikasi kita dengan pengendara yang lain. Terutama lampu-lampu itu untuk memberikan isyarat bagi pengendara yang lain," kata Agus.

"Rem juga tak kalah penting untuk kontrol kecepatan. Jadi rem itu harus berfungsi dengan baik, kampas rem dicek, kalau udah agak tipis sebaiknya diganti jangan nunggu harus habis banget," lanjutnya.

Kemudian pengecekan oli. Itu juga penting, karena biasanya terjadi rembesan-rembesan atau kebocoran di blok mesin. Tidak harus diganti, tetapi harus dilakukan pengecekan.

BACA JUGA:Anak Fairuz Arafiq Sempat Kritis Karena Terinfeksi DBD

"Mungkin saat arus mudik kemarin sudah di ganti, tapi ketika balik mudik juga harus di cek. Di cek itu maksudnya bukan harus di ganti, apakah oli yang ada di dalam mesin apakah masih ada. Karena biasanya kan ada rembesan rembesan atau kebocoran di blok mesin," ucapnya.

Dan yang paling utama adalah kondisi motor dalam keadaan sehat. Karena dalam perjalanan jarak jauh tak dipungkiri juga motor akan mogok atau sebagainya. 

"Artinya mesinnya itu harus bagus, karena jangan sampai ada suara suara yg mencurigakan di dalam mesin. nanti jika digunakan malah jadi mogok," tukasnya.

Seperti diketahui, bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas telah mengeluarkan ketentuan mengenai pengombinasian tugas kedinasan dari kantor. Work From Office (WFO) dan tugas kedinasan dari rumah atau Work From Home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) pada Selasa-Rabu, 16 dan 17 April 2024.

Jadi, dihimbau untuk para masyarakat yang akan kembali melakukan rutinitas aslinya, diharapkan jangan terburu-buru dalam berkendara. Karena pemerintah telah melakukan kebijakan WFH. (Candra Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: