Jokowi Ingatkan Pemda Tidak Buang-buang Anggaran untuk Rapat dan Studi Banding

Jokowi Ingatkan Pemda Tidak Buang-buang Anggaran untuk Rapat dan Studi Banding

Presiden Jokowi buka musrenbang-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah (pemda) agar tidak membuang-buang anggaran hanya untuk kegiatan rapat dan studi banding.

Dia tak ingin anggaran habis diecer untuk program tak jelas.

"Jangan sampai anggaran dipakai untuk rapat-rapat kebanyakan dan studi banding yang kebanyakan. Sudahlah, itu masa lalu. Ini masa depan jangan sampai itu terjadi lagi," kata Jokowi dalam Musrenbangnas di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

BACA JUGA:Jokowi: Rasio Dokter di Indonesia Berada di Posisi 3 Terbawah ASEAN

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar anggaran daerah yang diberikan pemerintah tidak diecer untuk keperluan dinas. Jokowi menekankan pembagian anggaran ke dinas-dinas harus diberikan skala priorotas.

"Program harus orientasi hasil, harus ada return ekonominya, harus fokus. Jangan sampai anggaran diecer-ecer ke dinas-dinas. Semuanya diberi skala prioritas enggak jelas. Ada kenaikan (anggaran) 10 persen, semua diberi 10 persen. Ndak jelas prioritasnya yang mana," tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi menekankan program yang dibuat harus tepat sasaran serta strategis, sehingga APBN dan APBD terlihat manfaatnya untuk masyarakat.

"Jangan sampai ada anggaran stunting diberikan puskesmas, jadinya (untuk membangun) pagar puskesmas, ada. Jangan bilang enggak ada. Ada. Padahal, enggak ada hubungannya stunting sama pagar," tegasnya.

BACA JUGA:Jokowi Optimis Timnas U23 Kalahkan Guinea saat Laga Playoff Olimpiade

"Musrenbangnas ini jadi sekrup penyambung agenda pusat, provinsi, kabupaten, dan kota agar semua in line, semuanya seirama dan tepat sasaran," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: