Mengenal Bioetanol, BBM Baru Pengganti Pertalite yang Mulai Dijual di SPBU

Mengenal Bioetanol, BBM Baru Pengganti Pertalite yang Mulai Dijual di SPBU

Bioetanol merupakan bahan bakar minyak terbarukan yang dihasilkan dari proses fermentasi campuran tanaman nabati, seperti gandum, ubi jalar, tebu hingga jagung.-Freepik-

JAKARTA, DISWAY.ID - Untuk menekan tingkat polusi, pemerintah meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) yang ramah lingkungan, yakni Bioetanol.

Bioetanol sendiri merupakan salah satu bahan bakar minyak terbarukan RON 95 yang terdiri dari campuran Pertamax (RON 92) serta etanol sekitar 5 persen.

Selain itu, bioetanol juga disebut sebagai bahan bakar nabati, lantaran dihasilkan dari proses fermentasi bahan organik, salah satunya tanaman dengan kandungan karbohidrat tinggi.

BACA JUGA:Dampak BBM Pertalite Dihapus, Pengamat: Pengaruhi Angkutan Umum Eksekutif

BACA JUGA:Harga BBM Bioetanol Pengganti Pertalite di SPBU Pertamina

Diketahui, bahan bakar ini biasa dibuat dengan campuran tanaman, seperti tebu, gandum, ubi jalar atau jagung.

Menurut US Department of Energy, dikatakan bahwa penggunaan bioetanol ini dapat meningkatkan penghematan bahan bakar.

Apalagi, bahan bakar tersebut mempunyai angka oktan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan BBM biasa.

Pemanfaatan bioetanol sebagai bahan bakar ini ternyata memiliki banyak keuntungan, salah satunya bisa mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tak terbarukan, contoh minyak bumi.

Bahkan, penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar ini juga memiliki dampak yang positif terhadap bidang pertanian. Tanaman yang menjadi bahan baku bioetanol ini secara tak langsung dapat memberikan peluang bagi petani serta industri pertanian.

BACA JUGA:Segini Harusnya Harga BBM Bioetanol, Pengamat Transportasi: Jangan Lebih Mahal

BACA JUGA:Harga BBM Bioetanol Disarankan Harus Lebih Murah dari Pertamax

Dengan berkembangnya industri bioetanol ini bisa juga menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan ekonomi daerah yang terlibat dalam produksi bahan baku tanaman.

Salah satu keunggulan bioetanol yang perlu diketahui ialah mempunyai tingkat bahan bakar yang sangat tinggi, minimal kadar mencapai 99,5 %.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: