Sri Mulyani Siapkan Anggaran Perlinsos hingga Rp 513 Triliun Pada 2025

Sri Mulyani Siapkan Anggaran Perlinsos hingga Rp 513 Triliun Pada 2025

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan pandangannya dalam suatu kesempatan.-tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran perlindungan sosial (perlinsos) sebesar Rp496,9 triliun hingga Rp513,0 triliun untuk anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

"Anggaran Perlinsos pada tahun 2025 berkisar Rp 496,9 triliun sampai dengan Rp 513,0 triliun," katanya dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-17 Masa Sidang V Tahun Sidang 2023-2024 di DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 20 Mei 2024.

Sri Mulyani menjelaskan perlinsos tersebut digunakan untuk mempercepat pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan antardaerah.

BACA JUGA:Jokowi: Bansos Beras 10 Kg Bisa Dilanjutkan Sampai Desember 2024

Adapun langkah yang akan ditempuh di antaranya mempercepat graduasi pengentasan kemiskinan, peningkatan akses pembiayaan untuk rumah layak huni dan terjangkau, mendorong petani makmur, nelayan sejahtera, termasuk mempercepat desa mandiri.

"Melalui berbagai program unggulan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas perlindungan sosial dalam mengurangi beban kebutuhan pokok, meningkatkan pendapatan, serta memutus rantai kemiskinan dan mengurangi ketimpangan," tutur Sri Mulyani.

Sementara itu, lanjut Sri, untuk sektor pendidikan pemerintah mengalokasikan anggaran mencapai Rp 708,2 triliun hingga Rp 741,7 triliun. 

"Anggaran ini akan digunakan untuk mewujudkan pendidikan bermutu dan berdaya saing yang ditempuh melalui beberapa program unggulan," ungkapnya.

BACA JUGA:Cara Cek Aplikasi Bansos Kemensos, Ini Langkah dan Manfaatnya

Beberapa tersebut, yaitu peningkatan gizi anak sekolah, penguatan mutu sekolah, perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan angka partisipasi kasar PAUD dan Perguruan Tinggi, penguatan kualitas tenaga pengajar, serta penguatan vokasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: