Dokter Tirta Minta Jangan Langsung Angkat Perut Orang yang Sedang Cedera, Bahaya!

Dokter Tirta Minta Jangan Langsung Angkat Perut Orang yang Sedang Cedera, Bahaya!

Dokter Tirta Minta Kalau Ada Orang Cedera Jangan Diangkat Perutnya, [email protected]

JAKARTA, DISWAY.ID - Dokter Tirta meminta jangan sembarangan ambil tindakan apabila menangani orang yang sedang mengalami cedera.

Pria bernama lengkap Tirta Mandira Hudhi itu mengimbau untuk memberikan penanganan yang tepat kepada orang yang sedang cedera.

Cedera merupakan salah satu masalah serius yang penanganannya juga harus diambil dengan sangat tepat, tidak boleh asal bertindak menanganinya.

Pesan dari Dokter Tirta, jangan langsung mengangkat perut orang yang terkapar karena cedera karena itu justru sangatlah berbahaya.

BACA JUGA:Sudah Rajin Olahraga Hingga Gym Boleh Kok Makan Mie Instan, Dr. Tirta: Siapa yang Larang?

Dokter Tirta juga melarang adanya tindakan asal asalan untuk menangani korban cedera akibat benturan di kepala.

"Kalau ada orang cedera itu jangan diangkat perutnya, apalagi kalau benturan kepala," ujar Dokter Tirta, dikutip dari akun TikToknya pada Minggu, 16 Juni 2024.

Kemudian Dokter Tirta mengapresiasi tindakan Jay Idzes, bek Timnas Indonesia yang mengambil tindakan untuk melindungi pemain Filipina yang cedera parah pada saat bertanding di GBK beberapa hari lalu.

"Tindakan yang paling keren di situ adalah Bang Jayadi (Jay Idzes) yang langsung menutup karena itu kondisi kegawatdaruratan, dan tidak boleh sembarangan digerakin," ujarnya.

BACA JUGA:Dokter Tirta Ungkap Jeleknya Sering Begadang, Jangan Coba-coba Ganti Pakai Tidur Siang

"Nah yang pertama harus dibuka jalan napasnya, jadi bukan asal asalan, tapi head teaching lift, wah apa itu? Dagunya dinaikin terus dibuka mulutnya supaya lidah ini saat orang kehilangan kesadaran tidak menutupu jalan napas," sambungnya.

Selain itu Dokter Tirta mengingatkan saat orang terjatuh pingsan akibat cedera jangan sampai diberi minyak kayu putih, diangkat-angkat perutnya, dan diberikan teh tawar hangat.

Penjelasan tentang cedera dan cara penanganannya


Pijat saat keseleo atau cedera jangan asal--Freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: