Dokter Tirta Ungkap Jeleknya Sering Begadang, Jangan Coba-coba Ganti Pakai Tidur Siang

Dokter Tirta Ungkap Jeleknya Sering Begadang, Jangan Coba-coba Ganti Pakai Tidur Siang

Dokter Tirta Ungkap Jeleknya Sering Begadang, Jangan Coba-coba Ganti Pakai Tidur [email protected]

JAKARTA, DISWAY.ID - Dokter Tirta mengingatkan bahwa mengganti jatah begadang dengan tidur siang adalah suatu tindakan yang sangat salah.

Dokter Tirta meminta jangan terus menerus begadang setiap hari tanpa adanya keperluan yang sangat jelas karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Kenapa tidur malam tepat waktu tanpa begadang sangat penting? Menurut Dokter Tirta, tubuh sangat membutuhkan waktu pemulihan yang tepat untuk proses recovery.

Pada malam hari tubuh akan melakukan proses pergantian dari sel-sel tubuh yang rusak dengan sel-sel yang sudah diperbaharui.

BACA JUGA:Minum Air Putih Bisa Bikin Panjang Umur? Dokter Tirta Ungkap Fakta Kesehatan: Bantu Melarutkan Kristal

"Jadi ketika kita malam hari akan terjadi pergantian sel tubuh yang rusak,” kata dr Tirta, dikutip dari kanal YouTube HAS Creative pada Minggu, 9 Juni 2024.

Saran dari Dokter Tirta jangan sampai ada banyak orang yang sampai menyepelekan tidur malam teratur.

Apalagi ada yang sampai berpikir bahwa begadang bisa digantikan dengan tidur siang yang cukup, pemikiran itu disebut Dokter Tirta sanga keliru.

“Tidak bisa (begadang/jatah tidur malam) digantikan dengan tidur siang karena recovery itu terjadi ketika matahari sudah tidak ada," ungkap owner Shoes & Care itu.

BACA JUGA:Mahasiswa Untirta Bentuk Bank Sampah, Tingkatkan Ekonomi Warga Desa di Pandeglang

Paling parahnya, kata Dokter Tirta, begadang merupakan suatu tindakan buruk yang dampaknya bisa memicu kemunculan sakit kanker yang parah.

"Walaupun kamu tidur siang, kamu tuh hanya mengistirahatkan otak. Tapi sel kamu itu tidak sempat ganti," tegasnya.

“Sel yang rusak ini akhirnya numpuk dan menjadi zat kanker,” tuturnya menambahkan.

Dengan demikian Dokter Tirta meminta begadanglah kalau memang sangat diperlukan saja jangan sampai keseringan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: