Garudafood Edukasi Generasi Muda Peduli Kesehatan dan Lingkungan Lewat Gerakan 'Bijak Jajan Cinta Bumi'
PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) menginisiasi gerakan --Istimewa
JAKARTA, DISWAY.ID - PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) menginisiasi gerakan "Bijak Jajan Cinta Bumi".
Gerakan ini merupakan kampanye edukatif untuk mengajak generasi muda untuk lebih sadar dan bijak dalam memilih pangan jajanan sekaligs peduli pada kelestarian lingkungan.
Sebagai perusahaan makanan dan minuman di Indonesia, Garudafood melalui kampanye ini berkomitmen untuk membangun perilaku konsumsi yang cerdas, sehat, dan berkelanjutan.
BACA JUGA:Aksi Cepat Tangani Stroke dari Siloam Lippo Village: Setiap Menit Tentukan Nyawa
Caranya dimulai dengan memilih jajanan yang aman serta mengelola plastik kemasan pasca-konsumsi.
Seperti yang diketahui bahwa keseharian anak-anak di Indonesia adalah kebiasaan untuk menikmati berbagai jajanan, baik di lingkungan sekolah maupun sekitar rumah.
Kemudahan dalam mendapatkannya, harga yang terjangkau, hingga kenikmatan dari rasa maupun visual membuat anak-anak di Indonesia gemar untuk jajan.
Sayangnya, perilaku ini seringkali belum disertai pemahaman yang cukup tentang keamanan pangan yang dikonsumsi, terutama dari sisi kesehatan.
Sebagian besar anak memilih jajanan berdasarkan rasa dan tampilan tanpa memperhatikan kebersihan, kandungan bahan tambahan, atau informasi pada label kemasan.
BACA JUGA:Kenali Gejala Stroke, Wajah Miring dan Bicara Pelo Segera Bawa ke Rumah Sakit Maksimal 4,5 Jam!
Tak hanya itu, kebiasaan jajan rupanya juga berdampak pada lingkungan, terutama dari sisi sampah plastik kemasan pasca-konsumsi.
Maka dari itu, Garudafood hadir untuk memberikan edukasi kesehatan dan peduli terhadap lingkungan melalui gerakan "Bijak Jajan Cinta Bumi.
Kami ingin menumbuhkan kesadaran bahwa memilih jajanan bukan hanya soal rasa, tetapi juga tanggung jawab terhadap kesehatan diri dan lingkungan. Edukasi kecil ini kami yakini dapat menjadi investasi nyata untuk menciptakan perubahan besar di masa depan,” ujar Dian Astriana, Head of Corporate Communication and External Relations Garudafood Group di SMK Negeri 2 Sukoharjo, Jawa Tengah.
Ajarkan Siswa Memastikan Keamanan Makanan
Melalui gerakan ini, siswa diajarkan untuk selalu memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi.
BACA JUGA:Jangan Takut Lakukan USG dan Mammografi, Kanker Payudara Bisa Diobati
Cara sederhananya dengan membaca informasi pada kemasan terlebih dahulu, memastikan izin edar, dan tanggal kedaluwarsa.
Siswa juga mendapatkan mendapatkan pemahaman mengenai jenis-jenis sampah, dampak negatifnya terhadap lingkungan, dan cara pengelolaan sampah kemasan, terutama jenis Multilayer Plastic (MLP) atau saset.
Jangkau 30 Sekolah SD-SMA di Sukoharjo
Programnya telah menjangkau 30 sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK di wilayah Surakarta dan sekitarnya dengan mengedukasi lebih dari 20.000 siswa dan guru.
Selain memberikan edukasi, Garudafood juga menghadirkan kegiatan sharing best practice mengenai sociopreneurship-kewirausahaan di tingkat SMK.
Kegiatannya menggabungkan konsep bisnis dengan msii untuk memecahkan masalah sosial di masyarakat.
Dalam kegiatan ini, 300 siswa SMK Negeri 2 Sukoharjo bersama guru pendamping mengikuti sesi mengenai inovasi dalam bisnis ramah lingkungan, mulai dari pengolahan sampah menjadi produk bernilai jual hingga strategi membangun usaha berkelanjutan yang berdampak sosial.
Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Sukoharjo mengatakan Tuti Mahriah menyebut gerakan "Bijak Jajan Cinta Bumi" dari Garudafood sejalan dengan visi dan misi sekolah yang ingin menghasilkan lulusan peduli lingkungan.
"Kami mengapresiasi kolaborasi ini dan berharap program ini dapat terus berlanjut dan menjangkau sekolah-sekolah di wilayah lain,” tutur Tuti Mahriah.
Garuda Food juga memberikan Dropbox Sampah Kemasan (DSK) untuk sampah jenis kertas dan plastik, serta bermitra dengan pihak ketiga untuk mengangkut dan mengelola sampah DSK sekolah.
BACA JUGA:Waspada! Hujan Mengandung Mikroplastik dalam Jangka Panjang Bisa Picu Peradangan Paru dan Kanker
Ini menjadi kolaborasi bagi Garudafood dengan pihak sekolah untuk memberikan edukasi yang menyatu aktivitas sekolah.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: